Suku Patani

suku Patani
Suku Patani, adalah salah satu suku yang berada di provinsi Makulu Utara, yang bermukim di kabupaten Halmahera Timur, tersebar di kecamatan Patani-Gebe dan kecamatan Maba.

Daerah pemukiman suku Patani, hanya dapat dicapai melalui  laut. Kehidupan suku Patani yang terpencil di tengah laut ini, agak terisolasi dari dunia luar, sehingga masyarakat suku Patani sempat tertinggal dari dunia luar. Walaupun lokasi mereka terpencil, tetapi mereka tidak terasing. Mereka tidak menutup mata terhadap dunia luar. Beberapa kemajuan telah mereka capai, tidak sedikit dari mereka yang telah mendapat pendidikan bagi generasi muda mereka. Selain itu beberapa perusahaan kayu telah membuka usaha di wilayah ini, sehingga masyarakat suku Patani banyak yang bisa ikut bekerja pada perusahaan kayu ini. Hanya saja tanpa mereka sadari, dengan kehadiran perusahaan kayu ini, secara perlahan-lahan akan merusak alam dan hutan yang telah mereka miliki sejak ribuan tahun yang lalu.

Masyarakat Patani pada umumnya hidup sebagai petani, yang menerapkan sistem pertanian tebas-bakar hutan. Sebagian orang Patani bekerja pada perusahaan kayu di wilayah tersebut.

sumber:
  • dari segala sumber

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,