Suku Dong, China

suku Dong
Suku Dong, adalah suatu kelompok etnis minoritas yang bermukim di Guizhou, yang berada di wilayah Cina bagian Selatan. Guizhou adalah rumah bagi puluhan kelompok etnis minoritas. Sedangkan kelompok minoritas suku Dong merupakan salah satu kelompok etnis minoritas terbesar yang berada di Guizhou. Populasi suku Dong diperkirakan sebesar 2.500.000 orang.

Masyarakat suku Dong hidup terutama sebagai petani serta mereka terkenal untuk arsitektur mereka. Perempuannya memiliki keahlian menyulam.

Tempat tinggal mereka berada di desa-desa yang dibangun dari bangunan kayu, serta di ujung desa terdapat menara pengawas yang dilengkapi dengan gendang Dong.

Orang Dong sangat bangga dengan arsitektur bangunan mereka yang unik. Bangunan mereka memiliki dasar-dasar batu dengan kayu atas struktur diakhiri dengan genteng abu-abu. Mereka berbaur indah pada pemandangan sekitarnya. Dua tipe yang paling terkenal dari struktur bangunan Dong adalah Jembatan Angin dan Hujan, dan juga Menara Drum. Jembatan Angin dan Hujan dapat ditemukan di setiap desa Dong. Dasar dari jembatan terbuat dari batu dan bagian atas dibangun seluruhnya dari kayu dengan atap genteng tanah liat. Setiap Jembatan Angin dan Hujan memiliki kios di atasnya. Menara Drum biasanya paling menarik perhatian para pengunjung, menjadi hal pertama yang terlihat ketika mendekati desa Dong. Menara drum terbuat dari kayu dan dari luar tampaknya memiliki beberapa ruangan. Ketika drum dipukul, suara dapat terdengar bermil-mil.

Suku Dong selain merayakan festival tradisional mereka sendiri, mereka juga merayakan festival tradisional Cina.
Beberapa Festival suku Dong:

  • Festival Dongnian, yang diselenggarakan pada hari pertama bulan lunar kesebelas dalam kalender Cina. Festival ini adalah pada perayaan panen. Secara tradisional keluarga berkumpul untuk merayakan membawa panen tahun ini. Mereka akan memasak ayam, ikan mas acar dan membuat Ziba yang dimasak beras ketan ditumbuk menjadi pasta. 
  • Festival Beras Baru, diadakan pada awal musim panas ketika panen pertama padi dibawa masuk Setiap keluarga mengambil beberapa beras yang baru dipanen dan koki itu dalam perayaan panen. Pada malam hari, dilaksanakan adu banteng.
senyum manis
gadis suku Dong
Pakaian tradisional suku Dong, sangat unik. Pakaian perempuan suku Dong terbuat dari kain hitam dengan aksen warna-warni pada keliman dan lengan. Tutup kepala mereka berwarna-warni dan biasanya terbuat dari perak.

Orang Dong sangat ramah dan terbuka menyambut setiap pengunjung yang datang ke desa mereka.

Suku Dong, dalam kegiatan sehari-hari, adalah dengan pertanian. Mereka menanam padi, gandum, millet, tembakau, jagung dan kedelai. Teh merupakan tanaman yang sangat penting bagi masyarakat Dong. Kondisi di Guizhou yang ideal untuk menanam-tumbuh teh. Mereka memiliki teh khusus, yang bagi mereka sendiri disebut teh minyak. Selain itu, masyarakat Dong di Guizhou, juga memancing untuk menambah sumber pendapatan bagi keluarga Dong.


sumber:

  • chinaodysseytours.com
  • joshuaproject.net
  • wikipedia
  • dan sumber lain

1 comments:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,