Suku Semoq Beri

suku Semoq Beri
(lubuk.net)
Semoq Beri, adalah salah satu dari 18 kelompok Orang Asli di Semenanjung Malaysia. Di Malaysia mereka dikelompokkan ke dalam kelompok Senoi. Mereka menyebut diri mereka sebagai orang Semoq yang berarti "orang". Suku Semoq Beri tinggal di pemukiman yang terletak di hutan Jerantut, Kuantan, dan kabupaten Maran di Pahang serta di Terengganu Hulu dan kabupaten Kemaman di Terengganu. Semoq Beri hidup di wilayah yang luas di sepanjang anak sungai timur dan utara Sungai Tembeling dan Pahang.

Bahasa Semoq Beri, masuk ke dalam kelompok rumpun bahasa Mon-Khmer. Tetapi karena bahasa Semoq Beri berada diantara dominasi bahasa Melayu Malaysia, maka beberapa kosatakata terpengaruh dan mengambil dari bahasa Melayu Malaysia.

Klasifikasi Bahasa:  Austro-Asiatic, Aslian, Semelaic, Semoq Beri


laki-laki Semoq Beri
(joshuaproject.net)
Semoq Beri bertahan hidup dengan berburu dan mengumpul dari hutan. Mereka hidup secara nomaden mencari tempat yang sesuai untuk mencari sumber makanan. Saat ini orang Semoq Beri mencoba mengubah cara hidup mereka dengan hidup di perkampungan. Perkampungan orang Semoq Beri berada di Jerantut, terdiri dari 5 kampung yang berjumlah 95 keluarga sebanyak 735 orang, daerah Maran terdapat 5 kampung terdiri 197 keluarga sebanyak 935 orang dan daerah Kuantan terdapat 2 kampung terdiri dari 67 keluarga sebanyak 366 orang. Di negeri Terengganu terdapat 1 kampung di Hulu Terengganu yang terdiri dari 42 keluarga sebanyak 185 orang. Daerah Kemaman terdapat 2 kampung terdiri dari 69 keluarga sebanyak 284 orang.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- digitaldome.com.my
- lubuk.net
- joshuaproject.net
- thederhakastudent.multiply.com
- demotix.com
- icaal.org
- permataorangasli.blogspot.com
- wikipedia
- dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,