Suku Dayak Agabag

suku Dayak Agabag
(goodreads.com)
Suku Dayak Agabag, adalah salah satu Dayak yang mendiami wilayah kecamatan Sembakung, Sebuku, Lumbis dan sebagian Kabupaten Bulungan, seluruhnya berada di kawasan utara Kalimantan Timur.

Pada zaman dahulu suku Dayak Agabag, terkenal dengan tradisi "kayau", "mengayau" nya, yaitu memenggal kepala musuh atau orang yang dianggap musuh. Tradisi ini berlangsung dalam waktu yang lama hingga pada zaman penjajahan Belanda. Konon, pada awal penjajahan belanda pernah terjadi sekelompok orang suku Dayak Agabag menangkap dan membunuh seorang serdadu Belanda di Mansalong, dan memakannya secara beramai-ramai.
Saat ini semua tradisi kayau dan kanibal tersebut telah ditinggalkan, dan suku Dayak Agabag telah menjadi suku yang ramah bagi siapapun, termasuk pendatang yang sekedar lewat maupun menetap di wilayah mereka.

Menurut beberapa peneliti istilah nama Dayak Agabag diberi nama oleh para pendatang yang memasuki wilayah kediaman suku Dayak Agabag, yaitu suku Dayak Tenggalan/ Tengalan. Sedangkan menurut orang Dayak Agabag sendiri istilah Agabag adalah berasal dari Abag (Cawat). Kata Agabag sendiri sudah lama ada dalam bahasa suku Dayak Agabag sebelum ada kata "dayak".

Suku Dayak Agabag masih banyak ketinggalan dari berbagai sektor. Oleh karena itu eksistensi Dayak Agabag pun semakin tenggelam dalam era yang semakin modern. Tetapi sebenarnya tidaklah sepenuhnya begitu, karena saat ini masyarakat suku Dayak Agabag juga punya keinginan untuk maju dan berdiri sejajar dengan suku-suku Dayak lainnya, dengan hadirnya banyak orang Dayak Agabag yang bekerja pada berbagai sektor, mulai dari perusahaan swasta sampai ke instansi negeri, dan juga banyak yang bersekolah dan kuliah hingga ke jenjang yang tinggi.
Beberapa peneliti sempat menyebutkan suku Dayak Agabag sebagai suku Dayak Tenggalan atau bagian dari suku Dayak Tenggalan, padahal kedua suku ini adalah dua suku yang berbeda. Dari segi bahasa mungkin mirip, tetapi kedua suku ini memang berbeda.
Setelah tenggelam dalam nama Suku Dayak Tenggalan selama beberapa waktu, beberapa orang dari generasi Dayak Agabag melakukan pengkajian secara mendalam terhadap suku yang disebut tenggalan/ tengalan dan ternyata nama ini muncul pada dekade 1970-an dan tidak memiliki ikatan psikologis, sosial dan kultural terhadap suku Dayak Agabag. Untuk menggali kembali sejarah ini yang sempat hilang ini maka digelarkan acara adat yang dihadiri oleh seluruh masyarakat dan Tokoh-Tokoh adat Dayak Agabag yang disebut dengan ILAU. Dalam Ilau tersebut tergalilah keberadaan suku Dayak Agabag secara mendalam. 
Hal ini disambut gembira oleh masyarakat suku Dayak Agabag, karena saat ini mereka bisa berdiri sendiri, tidak berada dalam bayang-bayang suku Dayak Tenggalan lagi.

tari Gong, suku Dayak Agabag
(maroni.co.id)
Salah satu kebiasaan dari suku Dayak Agabag pada saat mereka berduka, para kerabat berdatangan ke rumah duka menyampaikan bela sungkawa sekaligus mengadakan acara minum-minuman keras kadang-kadang sampai mabuk dengan iringan musik yang cukup keras hingga pagi. Salah satu tarian suku Dayak Agabag adalah Tari Gong, yang populer di kalangan masyarakat suku Dayak Abagag. 

Suku dayak Agabag masih berpegang teguh pada pola hidup nomaden hal ini terlihat dari cara mereka berkebun dan berladang di lahan yang tidak tetap. Secara umum karakter suku Dayak Agabag adalah pekerja keras dan murah hati.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- armhando.com
- dayakpost.com
- wong168.wordpress.com
- wargakaltim.blogspot.com
- wikipedia
- dan sumber lain

3 comments:

  1. masyarakat agabag sekarang hutan dan tanah ulayat yg selama ini dipertahankan sdh dikuasai olh pengusaha sawit dan akasia, gamana ya kalau nasib generasi selanjutnya.....

    ReplyDelete
  2. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,