Suku Dao (Yao, Mien)

suku Dao
(asiafinest.com)
Suku Dao (Yao, Mien), tinggal di sepanjang perbatasan Tiongkok-Vietnam dan Vietnam-Laos dan di beberapa provinsi daerah perbukitan dan provinsi di sepanjang garis pantai utara Vietnam.. Populasi suku Dao pada sensus tahun 1999 adalah sebesar 620.538 orang.

gadis dao
(livediverse.com)
Nama kelompok etnis Dao:  "Dao Quan Trang" (Dao dengan celana panjang putih), "Dao Quan Chet" (Dao dengan celana ketat), "Dao Tien" (Dao dengan koin), "Dao Thanh Y" (Dao dengan gaun biru), "Dao Do" (Red Dao/ Dao Merah), Man, Dong, Trai, Xa, Diu Mien, Lim Mien, Lu Giang, Lan Ten, Dai Ban, Tieu Ban, Col Ngang, Col Mua dan Son Dau.


gadis dao
(sapabeauty.com)

Bahasa Dao termasuk ke dalam rumpun bahasa Mong-Dao.
Suku Dao telah lama menggunakan tulisan Cina (tapi diucapkan dengan cara Dao) yang disebut Nom Dao (Dao Demotik Script).


ibu-ibu suku dao
(blog.travelpod.com)
Masyarakat sebagian besar masih menyembah nenek moyang mereka "Ban Ho".  Dalam acara pemakaman mereka tetap melaksanakan adat istiadat kuno. Di beberapa daerah, orang-orang yang telah mati selama 12 atau lebih akan dikremasi. Rumah dibangun dengan bentuk rumah panggung, dan sejajar dengan tanah, atau setengah panggung.

Pakaian laki-laki Dao terdiri dari celana dan rompi pendek. Pakaian perempuan lebih beragam dan sering dihiasi dengan motif tradisional.

Suku Dao bertahan hidup terutama dari budidaya tanaman padi. Pekerjaan sampingan termasuk tenun, carpentering, blacksmithing, pembuatan kertas dan produksi minyak sayur.


sumber:
- offroadvietnam.com
- vietgreentravel.com
- asiafinest.com
- livediverse.com
- \sapabeauty.com
- amitourist.com
- blog.travelpod.com
- henritours.com
- cpv.org.vn
- viettravelcenter.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,