Suku Co Tu

suku Co Tu
(etiennephoto.wordpress.com)
Suku Co Tu, mendiami wilayah Tay Giang, Dong Giang dan kabupaten Nam Giang di provins Quang Nam; A Luoi dan kabupaten Phu Loc di provinsi Thua Thien-Hue. Populasi suku Co Tu sebesar 50.458 orang pada sensus tahun 1999.

tarian suku Co Tu
(gialaipt.com.vn)
Nama kelompok etnis Co Tu:  Gao, Ha, Phuong dan Ca Tang.

Bahasa Co Tu termasuk ke dalam kelompok rumpun bahasa Mon-Khmer.

Sebagian besar masyarakat Co Tu, percaya dan menyembah giang (jin). Rumah-rumah ditetapkan dalam bentuk bulat lonjong. Di tengah desa adalah Rong (Rumah komunal), sebuah bangunan besar dan indah digunakan untuk menerima tamu, untuk pertemuan, ritual dan pertunjukan budaya. Sistem patriarki berlaku di antara masyarakat Co Tu, anak mengambil nama keluarga (marga) ayah mereka. Dalam adat pernikahan, mahar pernikahan juga merupakan praktek umum.

anak perempuan Co Tu
(nccorp.vn)
Laki-laki suku Co Tu memakai cawat dan meninggalkan bagian atas telanjang. Perempuan memakai rok dan rompi pendek. Pada musim dingin mereka memakai kain panjang dan tebal agar tetap hangat. Ornamen populer adalah kalung, gelang, dan anting-anting.

Suku Co Tu bertahan hidup dengan bertani pada bakar lahan pertanian, menanam tanaman, peternakan hewan peliharaan, tenun dan kerajnan keranjang, berburu dan mengumpul dan ikan. Hasil produk dilakukan dengan cara barter.



sumber:
- offroadvietnam.com
- etiennephoto.wordpress.com
- gialaipt.com.vn
- vietgreentravel.com
- nccorp.vn
- amitourist.com
- henritours.com
- viettravelcenter.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,