Suku Ra Glai

festival tradisional suku Ra Glai
(festivalinvietnam
)
Suku Ra Glai, adalah suatu etnis minoritas dari 54 etnis minoritas di Vietnam yang mendiami daerah selatan Khanh Hoa dan provinsi Ninh Thuan . Pada sensus tahun 1999, populasi suku Ra Glai sebesar 96.931 jiwa.

Kelompok etnis (Ra Glay, Krai, Orang Glai, No-Ana, dan La Vang)

Bahasa Ra Glai diklasifikasikan ke dalam rumpun Malayo-Polynesian.

Suku Ra Glai percaya ada dunia lain yang dikenal sebagai "giang" yang mencakup kekuatan baik dan jahat. Mereka biasanya tinggal di rumah kaku. Suk Ra Glai dipimpin oleh seorang "po pa-lay" (seorang kepala desa yang umumnya pemilik tanah pertama). Organisasi masyarakat matriarkal tetap dijalankan ole masyarakat Ra Glai, dengan mengambil nama keluarga (marga) ibu. Jika seorang perempuan muda ingin menikah dengan pria muda, pertama dia akan meminta orang tuanya mempersiapkan upacara pernikahan. Selama proses perkawinan, kakak pengantin perempuan yang lebih muda memiliki suara yang cukup penting dalam pengambilan keputusan.

suku Ra Glai
(indocycling)
Setelah musim panen, semua penduduk desa berkumpul untuk membayar berkat giang dan menikmati panen padi baru.

Dahulu orang Ra Glai hanya menanam padi dan jagung dengan menggunakan teknik pertanian tebang dan bakar. Sekarang mereka mengembangkan pertanian padi basah (sawah). Berburu, memilih, mengumpul, dan membuat kerajinan adalah bentuk-bentuk lain cara suku Ra Gla untuk bertahan hidup.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com

- offroadvietnam.com
- festivalinvietnam.com
- indocycling.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,