Suku Lo Lo

perempuan Lo Lo
(offroadvietnam)

Suku Lo Lo, adalah etnis minoritas di Vietnam yang mendiami Dong Van dan kabupaten Meo Vac di provinsi Ha Giang, kabupaten Bao Lac di provinsi Cao Bang dan kabupaten Muong Khuong di provinsi Lao Cai. Populasi pada tahun 1999 sebesar 3.307 jiwa.

Kelompok etnis Lo Lo (Mun Di, Lo Lo Hoa dan Lo Lo Den).

Suku Lo Lo terutama menyembah nenek moyang mereka. Desa mereka yang terletak di lereng gunung dekat dengan sumber air. Mereka tinggal di desa, setiap desa memiliki 20 sampai 25 rumah. Rumah-rumah yang dibangun bentuk rumah panggung, setengah rumah panggung dan sejajar dengan tanah. Orang-orang dari garis keturunan yang sama tinggal di desa yang sama. Pemimpin garis keturunan disebut Thau Chu. Pemimpin ini bertanggung jawab untuk upacara ritual dan pelestarian adat istiadat dari garis keturunan itu. Suku Lo Lo menjalankan praktek monogami dan istri tinggal di rumah suaminya setelah menikah. Mereka menggunakan drum perunggu untuk acara-acara khusus, tapi mengubur drum ini di dalam tanah untuk pemeliharaan, dan digali sewaktu-waktu hanya untuk penggunaan. Setiap kepala silsilah keluarga adalah penjaga drum perunggu. Drum ini hanya digunakan pada saat pemakaman atau selama diadakan tarian.

Bahasa Lo Lo masuk ke dalam rumpun bahasa Tibeto-Burman. Bahasa mereka ditulis menggunakan script piktografik yang saat ini tidak lagi digunakan. Kalender suku Lo Lo membagi tahun menjadi 11 bulan, masing-masing sesuai dengan nama binatang.

Budaya cerita rakyat dari suku Lo Lo sangat beragam. Hal ini dinyatakan dan dalam tarian, lagu, dan cerita lama. Suku Lo Lo memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, karena banyak yang lulusan universitas atau paling rendah pada tingkat pendidikan menengah.

Perempuan suku Lo Lo Hoa sering memakai rompi leher rendah dan celana di balik rok pendek. Sedangkan suku Lo Lo Den pria memakai piyama gaya dan rompi berleher persegi lewat atas kepala. Desain penuh warna dimasukkan ke turban mereka, rompi, rok dan celana panjang.

Suku Lo Lo bergantung hidup terutama pada jagung dan beras sebagai bentuk pendapatan.




sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- offroadvietnam.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,