Suku Danu

perempuan Danu
(myanmartourex)
Suku Danuadalah suku sub-etnis Bamar, mendiami daerah dekat Gua Pindaya, Shan State Burma. Suku Danu juga berasal dari keturunan rumpun bangsa Tibeto-Burman. Nama Danu berasal dari kata "donake", yang berarti "pemanah pemberani". Pada abad ke-16 suku Danu adalah sebagai pasukan pemanah Raja Alaungpaya pada peperangan di Thailand, setelah kembali dari peperangan mereka menetap di daerah Pindaya.

Suku Danu bertutur dalam dialek kuno bahasa Burma, dengan aksen yang berbeda. Bahasa Danu, adalah bagian dari rumpun bahasa Tibeto-Burman. Pakaian tradisional suku Danu mengikuti gaya dari kostum Burma.

rumah suku Danu
(blog.travelpod)
Suku Danu, bertahan hidup dengan cara pertanian dan sebagai nelayan di danau. Selain mereka membangun rumah di pedesaan, sebagian lain dari suku Danu memilih membangun rumah di pesisir danau dan ada juga yang membangun rumah tepat di atas permukaan air danau.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- kwintessential.co.uk
- hilltribesmyanmar.com
- myanmarplg.com
- missions.itu.int
- jaydunn.photoshelter.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,