Suku Chu Ru

suku Chu Ru
(talkvietnam.com)
Suku Chu Ru (Cho Ru), adalah suatu masyarakat adat yang mendiami wilayah Don Duong kabupaten (Lam Dong), dan sisanya di provinsi Binh Thuan provinsi, Vietnam. Populasi suku Chu Ru pada sensus tahun 1999 adalah sebesar 14,978 orang.

Bahasa Chu Ru, termasuk dalam kelompok rumpun bahasa Malayo-Polynesian.

suku Chu Ru
(birgiterath.com)
Mereka hidup menetap dan bertani. Selain itu mereka beternak sapi, babi, kambing dan unggas. Mereka membuat kerajinan bambu dan rotan dan alat-alat seperti arit, parang dan pisau. Beberapa desa terkenal dengan produksi tembikar.. Sedangkan berburu adalah pekerjaan sampingan di setiap keluarga.

Suku Chu Ru pada umumnya memiliki keturunan yang banyak. Kepala desa Po-play dipilih oleh penduduk, dan pemimpin agama (dukun) memainkan peran penting dalam kehidupan rohani.

Keluarga besar suku Chu Ru terdiri generasi matrilineal 3-4 tinggal di sebuah Rumah Panjang. Monogami sangat dianjurkan bagi seluruh masyarakat Chu Ru. Perempuan muda bebas memilih calon suaminya sesuai dengan pilihannya sendiri, dan setelah pernikahan suami tinggal di rumah keluarga istrinya.

suku Chu Ru
(offroadvietnam.com)
Suku Chu Ru menyembah nenek moyang mereka. Tidak ada altar di rumah-rumah mereka. Sebaliknya, ritual dilakukan di berbagai festival.

Mereka memiliki Perayaan Pertanian yang beragam, sering diadakan untuk menghormati roh-roh air pada masa panen baru. Salah satu Perayaan Pertanian yang cukup terkenal adalah Festival Bo-Green untuk roh bendungan air, yang dirayakan pada bulan lunar kedua.

Suku Chu Ru menyimpan warisan tradisi lisan yang kaya, terdiri dari lagu-lagu rakyat dan peribahasa. Salah satunya yang menonjol adalah pujian tentang peran perempuan dalam masyarakat tradisional. Cerita rakyat juga terpelihara dengan baik, ada cerita pada ayat dan narasi yang berisi nilai seni dan sejarah besar mereka.


sumber:
- offroadvietnam.com
- talkvietnam.com
- birgiterath.com
- word-dialect.blogspot.com
- dayakbaru.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,