Suku Dayak Umaq Kulit

Dayak Umaq Kulit
Suku Dayak Umaq Kulit, kadang disebut juga sebagai Lebu' Kulit, adalah salah satu sub-suku dari suku Dayak Kenyah. Orang Umaq Kulit mendiami beberapa wilayah, desa Long Kelawit, desa Long Lekiliu dan kecamatan Kayan Hulu, yang merupakan wilayah kabupaten Malinau, provinsi Kalimantan Timur.

Orang Umaq Kulit ini berada di dataran tinggi Apau Kayan, konon sebagai daerah asal orang Dayak Kenyah, berdekatan dengan garis perbatasan negara dengan Malaysia Timur. Di lingkungan alam hutan tropis yang masih perawan itu orang Umaq Kulit terkurung dalam isolasi, tidak banyak komunikasi dengan orang luar. Mereka hidup dari mata pencaharian utama berladang. Kehidupan mereka dalam lingkungan semacam itu penuh dengan tantangan. Itulah sebabnya mereka mencari jalan ke luar dengan mencari jalan melalui migrasi mencari tempat yang lebih memungkinkan mencari kesejahteraan.

Sebagian besar dari mereka telah bermukim di desa Long Bia, Peso, Bulungan. Sebagian di desa Lekak Paku, Kecamatan Tanjung Palas, Bulungan. Sebagian lainnya berdiam di desa Long Noran, Kecamatan Muara Wahau, Kutai Timur.


sumber:
- wikipedia
- melayuonline.com
- banuadayak.wordpress.com
- pedalaman-borneo.blogspot.com
- kenyahcommunity.blogspot.com
- dan berbagai sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,