Asal Usul Suku Dayak Banyadu


Dahulu seluruh orang Banyadu Purba mendiami sebuah wilayah perkampungan besar yang disebut Bandong,/semacam kota di itu. Perkampungan besar atau kota atau bandong ini bernama Banyuke. Banyuke ini merupakan tempat Temenggung berada. daerah Ketemenggungan Dayak Banyadu ini disebut Banua Satona. Kadang disebut juga sebagai Bandong Satona, atau Bandong (ibukota) dari Banua Satona.

Nenek moyang Dayak Banyadu kemudian menyebar keluar dari Bandong Banua-nya, menyebar secara bertahap, dengan menyusuri hilir sungai yang bernama sama seperti nama Bandong-nya yaitu sungai Banyuke. Tahap pertama mereka menyebar ke seluruh daerah kecamatan Banyuke Hulu dan Menyuke, lalu tahap berikutnya mereka menyebar ke daerah Ngabang dan terakhir mereka menyebar ke daerah Kabupaten Sanggau Kapuas. Akibatnya Banyuke yang sebelumnya berupa sebuah perkampungan besar/ kota (Bandong) lama-kelamaan mengecil hingga hanya menjadi sebuah kampung, karena ditinggal menyebar oleh penduduknya. Hal inilah yang menyebabkan Dayak Banyadu di zaman dulu dikenal dengan sebutan orang Banyuke karena mereka berasal dari Bandong (kota besar di masa silam) Banyuke. Sering terjadi kekeliruan akan masyarakat Dayak yang disebut Banyuke ini, terutama generasi muda sekarang dimana dalam anggapan mereka yang disebut orang Banyuke adalah Suku Dayak Kanayatn yang berdialek Banane alias orang Darit, padahal yang sebenarnya adalah untuk sebutan masyarakat Dayak Kanayatn yang berdialek Banyadu, hal ini tentu didasari oleh alasan bahwa semua desa atau semua penduduk yang tinggal di hilir tengah dan di hulu dari sungai yang mengalir di daerah tersebut adalah orang Banyadu, dan terlebih di karenakan asal kata Banyuke itu adalah dari nama sebuah Bandong (perkampungan besar di masa silam) orang Banyadu yang terletak di hulu sungai Banyuke tersebut. Selain itu menurut para peneliti di Formosa Taiwan juga terdapat suatu etnis yang masih berkerabat dekat dengan suku Dayak Banyadu. Diperkirakan etnis tersebut hijrah dari Kalimantan ke Taiwan kurang lebih 300 tahun yang lalu. Hal ini cukup diyakini, walaupun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai ini.

Nenek moyang orang Banyadu yang telah menyebar ini kemudian membangun pemukiman-pemukiman awal di luar bandong mereka, pemukiman awal ini dikenal dengan sebutan Tammakng (baca:tambang). Penduduk desa awal atau desa asal alias Tamakng orang Banyadu di sepanjang sungai Banyuke dan anak-anak sungai Banyuke ini seperti masyarakat dayak lainnya juga melakukan kegiatan perladangan. Semakin lama semakin jauh ladang yang dibuka, akhirnya karena alasan sudah terlalu jauh dari kampung asal, maka para orang tua di masa itu berinisiatif mendirikan kampung-kampung baru di sekitar ladang mereka. Kampung baru itu disebut dengan istilah Varokng (baca: varong) yang bermakna sebagai kampung ladang. Seiring dengan perkembangan zaman dan peningkatan jumlah penduduk akhirnya varokng-varokng tersebut makin lama makin ramai. Desa-desa asal alias Tamakng orang Banyadu antara lain Tamakng Bale, Temia Ojol, Padang Pio, Loeng, Untang, Banyuke, Balantian dan lain-lain. Sementara desa-desa ladang atau Varokng seperti Tititareng, Sabah, Magon, Teriak, Sentibak, Peranuk, Temia Seo, Padang Manyun, Berinang Manyun, Sinto, Kampet, Sentibak dan lain-lain.

Istilah "Suku Dayak Banyadu" diambil dari istilah dalam bahasa mereka sendiri yaitu asal kata "nyadu" yang berarti "tidak". Kata ini digunakan sebagai istilah pembeda dialek dengan dialek Dayak lainnya. Dayak Banyadu sendiri merupakan salah satu anak suku dalam keluarga Dayak Kanayatn. diperhatikan dari bahasanya Dayak Banyadu bersama Dayak Bakati merupakan transisi antara keluarga Dayak Kanayatn dengan keluarga Dayak Bidayuh dimana sebagian bahasanya mirip atau sama dengan bahasa Kanayatn dan sebagian lagi mirip atau sama dengan bahasa Bidayuh. umumnya bunyi vokal bahasa Banyadu yang sama dengan bahasa keluarga Dayak Kanayatn lainnya cenderung berbunyi ke vokal "u" misal kata "ada" dalam bahasa Kanayatn lainnya pada Kanayatn Banyadu menjadi "adu" kata "sama" menjadi "samu" kata "datakng" menjadi "dutukng", "pesan' menjadi "pesun', "asap' menjadi "asup", "dalam" menjadi "dalum/darupm", "malam' menjadi "malum/ marupm", dan lain-lain.




sumber:
- wikipedia
- joshuaproject.net
- ethnologue.com
- llmap.org
- pedalaman-borneo.blogspot.com
- k-yu80.blogspot.com
- banuadayak.wordpress.com

2 comments:

  1. mantap imu salut ikin, asi ah koh, kate e bah...

    ReplyDelete
  2. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,