Suku Suoy, Kamboja

Suku Suoy, adalah adalah salah satu penduduk minoritas yang hidup di Kamboja. Masyarakat Suoy termasuk masyarakat yang memiliki populasi sangat sedikit, diperkirakan hanya sekitar 230 orang.

Komunitas suku Suoy ini hanya ditemukan di Kamboja. Kehidupan mereka seperti suku-suku minoritas lain di Kamboja yang merupakan penduduk asli Kamboja. Dikatakan mereka hadir di wilayah sebelum kehadiran suku mayoritas Khmer. Tapi walaupun begitu kehidupan mereka tidaklah berkembang seperti halnya suku-suku lain di Kamboja. Mereka pernah mengalami masa sulit ketika terjadi perang di wilayah adat mereka sendiri. Wilayah adat mereka beberapa kali diserang oleh pasukan Khmer Merah, sehingga banyak dari mereka yang menjadi korban. Kemungkinan sebagian besar dari mereka banyak yang melarikan diri ke daerah lain dan berasimilasi dengan adat budaya etnis lain, sehingga kehilangan identitas aslinya.

Suku Suoy berbicara dalam bahasa sendiri, yaitu bahasa Suoy (Syo). Bahasa Suoy sangat mirip dengan bahasa Pear, sehingga bahasa Suoy dikelompokkan menjadi bagian dari sub-bahasa atau dialek dari bahasa Pear. Sedangkan bahasa Pear merupakan bagian dari klaster keluarga bahasa Mon-Khmer, yang juga merupakan cabang dari rumpun bahasa Austroasiatic.

Masyarakat Suoy sampai saat ini sebagian besar masih mengamalkan agama kepercayaan mereka, yang merupakan agama ethnic yang mengandung unsur animisme. Agama etnis berakar dalam identitas etnis bangsa dan konversi pada dasarnya setara dengan asimilasi budaya. Sekitar 2% dari jumlah populasi mereka telah menerima agama Kristen. Walau begitu tradisi ethnic animisme mereka kerap dijalankan.

referensi:

artikel terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,