Suku Batak Pasaman, Sumatra Barat

tari tradisional Batak Pasaman
Orang Batak Pasaman, adalah suatu kelompok masyarakat yang menghuni wilayah kabupaten Pasaman dan kabupaten Pasaman Barat di provinsi Sumatra Barat.

Setelah ada bahasan tentang kelompok-kelompok yang disebut sebagai orang-orang Batak, maka ada suatu kelompok masyarakat di Sumatra Barat yang disebut sebagai orang Batak Pasaman. Istilah Batak Pasaman mungkin belum bisa dikategorikan sebagai suatu suatu suku atau kelompok etnis, tapi lebih bisa dikatakan sebagai suatu kelompok Masyarakat.

Kabupaten Pasaman, banyak dihuni oleh etnis Batak, yang terdiri dari banyak ragam marga, yang dari cerita masyarakat setempat bahwa leluhur mereka berasal dari Bonapasogit. Mereka memasuki wilayah ini dalam kelompok-kelompok kecil yang kini menghuni dan tersebar di wilayah Pasaman. Kabupaten Pasaman sendiri pada tahun 2008, dipimpin oleh Bupati H.Yusuf Lubis dan Kabupaten Pasaman Barat dengan Bupatinya H. Syahiran Lubis, yang keduanya adalah masih berdarah Batak Mandailing.

Pasaman adalah nama negeri di Sumatera Barat yang diyakini sudah dihuni oleh orang-orang Batak sejak beberapa abad yang silam. Di antara mereka ada yang berasimilasi menjadi Melayu Minang tapi masih banyak yang bertahan dengan identitas Batak mereka. Sehingga untuk komunitas mereka ini di beberapa media sering disebut sebagai orang Batak Pasaman.

alat musik Batak Pasaman
Keberadaan orang Batak di Sumatera Barat seakan sudah menyatu dengan penduduk asli wilayah ini, yaitu orang Minang. Dalam hal bahasa juga banyak terjadi pembauran, walaupun mereka masih bisa berbicara dalam bahasa Batak maupun bahasa Minang, tetapi bahasa yang digunakan mereka sehari-hari adalah bahasa yang sudah berbaur dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Batak dan bahasa Minang/ Melayu Pesisir. Bahasa Mandailing dan Minang/Melayu Pesisir pun dengan mudahnya berganti-ganti, tergantung siapa yang memulai berbicara.

sumber:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,