Suku Yafai, Maluku

Suku Yafai, adalah suku asli yang menghuni pulau Sula Besi di provinsi Maluku Utara Indonesia.

pantai Sula Besi
Dahulunya daerah pemukiman suku Yafai di pulau Sula Besi berada dalam pengaruh Kerajaan Ternate, yang kala itu sistem pemerintahan berbentuk kesatuan sosial yang bersifat organisasi masyarakat desa, dengan kepala pemerintahan bergelar kepala soa dan sekaligus merupakan Panglima Perang.

Suku Yafai terdiri dari 4 suku, yaitu:
  • Yafai Fatce
  • Yafai Fagudu
  • Yafai Faahu
  • Yafai Mangon
Di pulau Sula ini, selain suku Yafai terdapat juga suku Fogi yang mendiami daerah pegunungan. Suku Yafai hidup terpencar-pencar, ada yang tinggal di pegunungan dan tinggal di daerah pesisir. Suku Yafai Fatce menempati wilayah barat pulau Sula Besi, bagian selatan ditempati suku Yafai Fagudu dan bagian utara oleh suku Yafai Faahu, sedangkan di bagian timur ditempati oleh suku Yafai Mangon. Suku Yafai ini kemudian dikenal dengan orang Sula atau Matapia Sua.

Pada tahun 1911, ke 4 suku Yafai, oleh pemerintah Belanda diberikan status hukum dengan ditempatkan di desa-desa sebagai kesatuan masyarakat hukum adat Yafai. Hal ini dilakukan untuk mencegah perpecahan di tengah masyarakat suku Yafai.

Masyarakat suku Yafai bertahan hidup pada bidang pertanian. Mereka memiliki ladang yang ditanami berbagai jenis tanaman pangan, seperti sayur-sayuran, kacang tanah, ubi kayu dan ubi jalar. Sedangkan di kebun mereka menanam tanaman keras seperti durian, langsat, manggis dan mangga.

sumber:
sumber lain dan foto:
  • smasulabesibarat.blogspot.com

1 comments:

  1. ee bole jo, beta bole lia beta pung kampung halaman

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,