Suku Kombilo, Sulawesi

Suku Kombilo, adalah suatu suku yang merupakan penghuni pertama yang menghuni pulau Buton. Suku Kombilo ini hadir di pulau Buton bersama dengan suku Wambolebole dan suku Wakarorondo (Wakaokili). Ketiga suku ini lah yang diduga menjadi cikal bakal suku-suku yang ada sekarang di pulau Buton.

Suku Kombilo merupakan salah satu suku asli yang mendiami hutan belantara anatara wilayah Watouge dan wilayah Lambelu. Ciri khas suku ini sama dengan suku Wambolebole. Suku ini sangat misterius. Suku ini sebenarnya sering mengunjungi pasar-pasar. Mereka jarang berkomunikasi dengan masyarakat biasa.

Kadang-kadang mereka bertamu di rumah masyarakat penduduk lain, tapi mereka tetap tidak bicara dan hanya minta air putih saja. Apabila ada masyarakat suku lain yang ingin berkunjung ke perkampuan suku Kombilo ini, harus membawa oleh-oleh berupa ikan Wawokia (lure/ teri) yang dimasak dan diasapi (Kaholeona Rore), tembikau iris, daun sirih, buah pinang. Perkampungan suku Kombilo ini sampai sekarang tidak diketahui keberadaanya, sehingga membuat suku Kombilo menjadi salah satu suku misterius di Sulawesi Tenggara.

Kisah tentang suku Kombilo ini berupa legenda dan cerita rakyat, sedangkan kebenaran dan keberadaan suku Kombilo ini tentunya harus dilakukan penelitian yang lebih serius, untuk membuktikan apakah suku Kombilo ini benar-benar ada atau hanya sekedar cerita rakyat.

sumber:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,