Suku Wakatobi, Sulawesi

Wakatobi
Suku Wakatobi, adalah suatu suku asli yang terdapat di kabupaten Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Suku Wakatobi di kabupaten Wakatobi ini hidup berdampingan dengan suku Bajo yang juga mendiami wilayah kabupaten Wakatobi ini. Di Wakatobi ini sebagai suku terbesarnya adalah suku Wakatobi dengan persentase 90% suku Wakatobi dari total jumlah penduduk kabupaten Wakatobi sebesar 90.000 orang.

Suku Wakatobi berbicara dalam bahasa Wakatobi, yang merupakan sub bahasa Buton. Bahasa Wakatobi sendiri memiliki banyak kemiripan dengan bahasa Buton, sehingga bahasa Wakatobi ini dianggap sebagai salah satu sub bahasa Buton.

Suku Wakatobi hampir seluruhnya adalah pemeluk agama Islam. Agama Islam berkembang dengan pesat di wilayah ini. Agama Islam masuk ke dalam kalangan suku Wakatobi diperkirakan sejak beberapa abad yang lalu. Mereka adalah penganut agama Islam yang taat. Terlihat dengan berdirinya bangunan-bangunan mesjid dan mushola di desa-desa pemukiman suku Wakatobi.

tari perang Sajomoane
Beberapa tradisi budaya suku Wakatobi yang populer di kalangan masyarakat suku Wakatobi adalah Tari Pajoge, Mansa (sejenis silat) dan adat perkawinan yang terus mereka pakai hingga masa sekarang ini. Selain itu suku Wakatobi juga terkenal dengan kain tenunnya.

Masyarakat suku Wakatobi saat ini banyak yang hidup pada bidang pertanian, seperti menanam tanaman padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar dan lain-lain. Selain itu banyak juga orang Wakatobi yang hidup sebagai nelayan penangkap ikan. Suku Wakatobi juga banyak yang bekerja di sektor pemerintah dan sektor swasta, seperti pedagang.

sumber dan foto:
  • wikipedia
  • dreamersradio.com
  • antarafoto.com

1 comments:

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,