Suku Konjo Gunung, Sulawesi

Suku Konjo Gunung (Konjo Pegunungan), adalah salah satu suku Konjo yang mendiami daerah dataran tinggi pegunungan di kecamatan Tinggi Moncong yang beribukota Malino di kabupaten Gowa. Pemukiman suku Konjo Gunung ini terdapat juga di kabupaten Sinjai provinsi Sulawesi Selatan. Wilayah Kalimporo/ Jannaya merupakan pusat wilayah suku Konjo Gunung, yang memiliki keterikatan dengan daerah Tana toa lama dan desa-desa Konjo yang lain. Populasi suku Konjo Gunung ini diperkirakan sebesar 150.000 orang.

suku Konjo Gunung
pic: ekanugraha
Suku Konjo Gunung berbicara dalam bahasa Konjo. Bahasa ini berkerabat dengan bahasa Makasar dan juga dengan sebagian besar bahasa-bahasa lain di Sulawesi Selatan. Suku Konjo secara sejarah asal-usul masa lalu dan budaya, kemungkinan masih terkait kerabat dengan suku Makassar dan suku Bugis. Sementara, suku Konjo sendiri berkerabat dekat dengan suku Konjo Pesisir dan suku Konjo Hitam, yang sering disebut sebagai suku Kajang.

Suku Konjo Gunung hidup dalam sistem kekeluargaan yang kuat, terlihat dalam suasana gotong-royong dalam kehidupan sehari-hari mereka. Suasana gotong-royong terlihat dalam setiap membangun rumah, mempersiapkan pesta, atau pada masa panen.
Selain itu sikap ramah dalam berinteraksi sosial sangat terlihat pada keseharian suku Konjo Gunung ini. Mereka sangat halus perasaan dan cenderung sensitif, apabila seseorang melintas dan tidak menyapa atau menegur, maka orang Konjo Gunung akan merasa sakit hati.

Pada dasarnya orang Konjo Gunung sangat ramah dalam memberikan sambutan yang baik kepada seseorang atau pendatang dari luar. Mereka mudah akrab dengan orang lain, dan suka mengobrol serta banyak bertanya mengenai dunia luar dan mempelajari hal-hal baru.

Suku Konjo Gunung seluruhnya telah memeluk agama Islam. Mereka adalah penganut agama Islam yang taat. Beberapa tradisi adat mereka banyak mengandung unsur Islami. Tapi, walaupun mereka telah memeluk agama Islam, tapi masih banyak dari mereka yang percaya kepada roh-roh di alam sekitarnya.

Mayoritas suku Konjo Gunung ini bermata pencaharian sebagai petani. Sistem pertanian bagi hasil sangat lazim di kalangan suku Konjo, penggarap menerima 1/2 atau 1/3 dari keuntungan, tergantung perjanjian awal. Rata-rata petani memiliki sawah atau ladang seluas minimal 2 sampai 3 ha. Kacang dan tembakau merupakan tanaman utama mereka untuk diperdagangkan.

sumber:
  • bangsabugis.blogspot.com
  • sabda.org
  • wikipedia
  • dan sumber lain
sumber foto:
  • ekanugraha68.blogspot.com

2 comments:

  1. Wow.. alhamdulillah ada juga blog yg muat ttg suku -suku :) keren, trims ya! bermanfaat banget, semoga dapet pahala yg banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims, tanggapan positifnya dan terimakasih atas kunjungannya ya..
      Salam kenal

      Delete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,