Suku Batak Samosir

suku Batak Samosir
Suku Batak Samosir, adalah salah satu suku Batak yang terdapat di kabupaten Samosir dan sebagian kecil kabupaten Toba Samosir yang wilayahnya berada di pulau Samosir dan sekitarnya.

Dahulu suku Batak Samosir ini dikelompokkan ke dalam kesatuan suku Batak Toba. Ada suatu kejanggalan dalam suatu situs dikatakan bahwa suku Batak Samosir ini merupakan suatu etnis yang berbeda dan terpisah dari suku Batak Toba. Sejak pembagian distrik HKBP wilayah suku Batak Samosir seakan-akan terpisah dengan wilayah suku Batak Toba, walau pada dasarnya mereka adalah satu suku bangsa.

Tentunya aneh kalau suku Batak Samosir dinyatakan berbeda dengan suku Batak Toba, sebab dilihat dari sejarah budaya, adat-istiadat dan bahasa, suku Batak di kabupaten Samosir adalah dalam rumpun yang sama dengan suku Batak Toba. Mungkin karena dipisahkan oleh nama wilayah yang berbeda dengan sebutan kabupaten yang berbeda, maka disebut berbeda. Secara adat-istiadat, budaya, tarian dan bahasa mereka juga tidak bisa dibedakan. Hanya karena perbedaan wilayah saja yang membedakan kedua suku Batak ini, juga dengan Silindung dan Humbang, atau ada alasan politis? Tapi walaupun begitu, entah ada alasan politis atau apapun itu, pada dasarnya suku Batak Samosir, maupun Silindung dan Humbang, tetap mengaku sebagai orang Batak Toba.

perkampungan suku Batak Samosir
Bahasa yang digunakan oleh orang Batak yang di Samosir tidak berbeda dengan bahasa Batak di kabupaten Toba, Humbang, Silindung-Tapanuli Utara, Batak Angkola dan juga dengan bahasa Batak Mandailing. Kemungkinan hanya terdapat perbedaan dialek dan intonasi yang sangat tipis.

Dalam kehidupan sehari-hari suku Batak di kabupaten Samosir hidup sebagai petani, terutama sayur-sayuran, dan juga sebagai nelayan di danau Toba, selain itu banyak yang telah sukses dalam perantauan menjadi pengusaha, pengacara atau menjadi pejabat penting di pemerintahan daerah maupun negara.

sumber:
sumber-foto:

2 comments:

  1. Kurang setuju juga Lae, Suku Batak Toba dibeda-bedakan. Biasanya dibedakan hanya dengan menamakan tempat, misal: Partoba, Parsamosir, Parsilindung, Parhasundutan, Partimur. Terus, di atas marga di Samosir hanya Lae sebutkan Putra Raja Parhutala, jadi marga-marga lain yang tinggal di Samosir dimana Lae? Tolong diperbaiki supaya tidak terjadi kekeliruan. Mauliate.

    G. Tamba. Pangururan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Lae Galumbang, suku batak toba, memang seharusnya tidak dibeda-bedakan, pernyataan di atas hanya menyatakan wilayah saja yang sekarang menyesuaikan sesuai kabupatennya, tapi pada dasarnya semua orang toba itu satu, biar samosir, humbang, silindung ... semuanya satu dalam batak toba.
      mengenai putra raja parhutala itu memang menjadi kontroversi,

      ok Lae, mauliate lah atas masukannya
      Horas

      Delete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,