Suku Awa-Guaja

sedang berburu
Suku Indian Awa-Guaja, adalah penghuni hutan Maranhao (Brasil). Mereka menyebut diri mereka dengan sebutan Awa, sebuah istilah yang berarti manusia, atau orang. Suku Awa-Guaja adalah salah satu kelompok penduduk asli terakhir di Brasil yang hidup secara nomaden. Suku Awa-Guaja hidup pada perbukitan terpencil, timur laut Brasil. Meskipun mereka belajar untuk menanam jagung dan ubi kayu, tetapi dasarnya mereka adalah pemburu, nelayan dan pengumpul buah hutan. Di mana laki-laki berburu menggunakan busur dan panah, dan perempuannya memanen pisang dan buah berry liar.

sedang berburu
Mereka selalu telanjang, dan sangat dikenal karena murah senyum! Mereka berbicara memakai bahasa tubuh Tupi-Guarani. Mereka hidup dalam kelompok-kelompok kecil, dengan komposisi bervariasi dari 4 sampai 30 manusia. Kelompok Awa-Guaja bekomunikasi dengan dunia luar pertama kali pada tahun 1973. Kemudian, dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah bertemu dan berkomunikasi dengan kelompok lain. Saat ini, 240 Awa-Guaja memiliki hubungan tetap dan teratur dengan masyarakat sipil, tetapi ada kelompok lain yang menolak kontak dengan masyarakat lain dan hidup terisolasi di hutan Gurupi.

Diperkirakan, sekitar 50 sampai 60 orang suku Awa yang tetap terisolasi dari total sekitar 300 orang Awa-Guaja.

sumber:
  • dreamstime.com/stock-images-native-indian-awa-guaja-brazil-image9868434
  • kaskus.co.id

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,