Suku La Ha

perempuan La Ha
(amitourist.com)
Suku La Ha, mendiami daerah Son La dan provinsi Lao Cai di Vietnam. Populasi sebesar 5.686 orang pada  sensus tahun 1999.

Nama kelompok etnis suku La Ha:  Phlao, Xa Khan dan Khla

Bahasa La Ha termasuk kedalam kelompok rumpun bahasa Kadai.

Rumah suku La Ha berbentuk rumah panggung dengan dua pintu masuk dan tangga di kedua ujung rumah. Anak laki-laki dan perempuan bebas untuk mencari pasangan mereka. Setelah pernikahan, mempelai laki-laki tinggal di rumah keluarga perempuan selama empat sampai delapan tahun.
perempuan La Ha
(flickriver.com)
Adat lama mengharuskan orang mati dikubur bersama dengan uang mereka beserta padi, tetapi saat ini kebiasaan ini sudah tidak dilaksanakan lagi. Suku La Ha percaya ada kekuatan supranatural, roh dari hutan, air, kabut, dan rumah. Dalam keluarga, hanya jiwa ayah, yang akan berubah menjadi semangat rumah setelah kematiannya. Setiap tahun, ketika musim semi, perayaan dilasanakan oleh setiap keluarga untuk menghormati orang tua mereka.

Suku La Ha memakai pakaian tradisional yang mirip dengan pakaian orang Black Thai.

Cara bertahan hidup suku La Ha hidup pada pertanian tebang-dan-bakar. Saat ini, masyarakat desa menanam padi di ladang terendam dan membangun tanggul untuk melindungi tanah dari erosi. Selain itu mereka juga menanam kapas untuk tenun.



sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- amitourist.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- offroadvietnam.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,