Suku La Chi

suku La Chi
(offroadvietnam.com)
Suku La Chi, mendiami kabupaten Xin Man provinsi Ha Giang, dan Muong Khuong dan kabupaten Bac Ha di provinsi Lao Cai. Populasi suku La Chi pada tahun 1999 sebesar 10.765 orang.

Nama kelompok etnis La Chi:  Cu Te dan La Qua

Bahasa La Chi termasuk keluarga rumpun bahasa Kadai.

Rumah suku La Chi berbentuk rumah panggung, memiliki tiga apartemen dan sebuah altar leluhur di apartemen terbesar. Setiap rumah tangga memiliki drum dan gong yang digunakan dalam upacara ritual yang dilakukan oleh garis keturunan kepala keluarga. Anak-anak mengambil nama keluarga nenek moyang mereka. Sebagai bagian dari hadiah pernikahan, keluarga pengantin laki-laki menawarkan sejumlah uang yang dibutuhkan untuk membayar pendidikan pengantin perempuan. Festival Imlek Bulan 7 adalah kegiatan terbesar dalam budaya La Chi.

suku La Chi
(amitourist.com)
Laki-laki suku La Chi memakai pakaian dengan lima panel yang panjang sampai ke bawah lutut (saat ini kaos ini lebih pendek), celana lebar, dan turban kepala. Perempuan memakai gaun empat panel dengan sabuk, bra, dan sorban panjang, bersama dengan sepasang celana panjang atau rok.

Cara bertahan hidup suku La Chi adalah dengan menanam padi basah pada lahan bertingkat. Perempuan suku La Chi memiliki tradisi tenun dan pencelupan nila.



sumber:
- word-dialect.blogspot.com

- vietnamtrip2
008.com
- amitourist.com
- discoveryindochina.com

- offroadvietnam.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,