Suku Hre

perempuan Hre
(offroadvietnam.com)
Suku Hre, adalah salah satu suku minoriti di Vietnam, yang mendiami wilayah pegunungan di Quang Nai dan provinsi Binh Dinh. Populasi suku Hre pada sensus tahun 1999, adalah sebesar 113.111 orang.

Nama kelompok etnis suku Hre:  Cham Re, Chom Kre, Moi Luy, Tachom, Chom, Davak, Moi Da Vach, Moi Son Phong dan Thach Bich.

Suku Hre sebagian besar belum mengenal agama, yang mereka percayai hanya kebiasaan adat istiadat mereka saja. Saat ini 10 % dari suku Hre telah memeluk agama Kristen. Mereka tinggal di rumah panggung dan kepala desa dianggap memiliki prestise yang tinggi dan memainkan peran penting dalam kehidupan desa.

Bahasa Hre, termasuk ke dalam kelompok keluarga bahasa Mon-Khmer, yang memiliki hubungan erat dengan bahasa Xo-Dang dan Ba Na.

suku Hre
(oratrip.com)
Dalam kegiatan suku Hre sering mengadakan upacara menusuk-kerbau yang disertai dengan ayat-ayat dan lagu dalam bahasa Hre. "Ka choi" dan "Ka leu" adalah dua lagu yang sangat populer di kalangan suku Hre. Alat musik yang umum mereka gunakan adalah Brook, Ching Ka la, Ling Ia (seruling), dan Ta lia (seruling).

Pakaian tradisional suku Hre untuk laki-laki memakai cawat dan rompi. Laki-laki kebanyakan telanjang dada dan memakai sorban sebagai penutup kepala.

Pola kehidupan suku Hre dengan pertanian menanam padi basah. Kerajinan membuat keranjang dan menenun adalah bentuk lain dari kegiatan suku Hre untuk menambah penghasilan.



sumber:
- word-dialect.blogspot.com
offroadvietnam.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- oratrip.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,