Suku Dayak Punti (Pontent)

suku Dayak Punti (Pontent)
Suku Dayak Punti (Pontent), adalah salah satu suku dayak yang bermukim di kecamatan Entikong kabupaten Sanggau provinsi Kalimantan Barat. Suku Dayak Punti tidak tersebar, mereka mendiami 4 kampung yang berdekatan, yaitu kampung Punti Tapau, kampung Punti Meraga’, kampung Punti Engkaras dan kampung Punti Kayan. Populasi suku Dayak Punti secara keseluruhan diperkirakan sebesar 2.343 orang.

Suku Dayak Punti, dari segi budaya dan adat istiadat, sepintas lalu mirip dengan suku Dayak Sikukng, suku Dayak Suruh, suku Dayak Keramay dan suku Dayak Paus. Kemiripan dilihat dari simbol budaya panca, seperti rumah tempat menyimpan kepala manusia, yang mengindikasikan kesamaan pada ritus kematian. Peneliti Ch. F. H. Duman, mengelompokkan suku Dayak Punti ke dalam rumpun Dayak Klemantan atau Dayak Darat.

Suku Dayak Punti berbicara dalam bahasa Punti. Menurut para peneliti bahasa, bahwa bahasa Punti ini berada di dalam kelompok bahasa Bidayuhik. Tetapi bila diperhatikan aspek tatabunyinya memperlihatkan perbedaan yang kontras dengan bahasa-bahasa dalam kelompok rumpun bahasa Bidayuhik.

Asal usul suku Dayak Punti, diperkirakan sejak tahun 51 SM, dan menurut tua-tua adat, dulu nenek moyang mereka berasal dari hulu sungai Sekayam. Di tempat ini mereka hidup berdampingan dengan suku Dayak Sikukng. Dari hulu sungai Sekayam, mereka pindah ke Sejambu. Tidak lama di Sejambu, mereka melanjutkan perjalanan ke Tintang Kaih. Di Tintang Kaih ini, mereka juga merasa tidak betah, dan mereka pindah lagi di Sepedang. Tetapi di tempat baru ini, di Sepedang, mereka merasa tempat ini tidak cocok untuk mereka, akhirnya mereka pun pindah lagi ke Labak Engkasah, dan melanjutkan perjalananan ke Labak Empeyang dan sampai di Bubung Tebedak. Ternyata mereka juga merasa tempat ini bukan tempat yang cocok bagi mereka. Akhirnya mereka melanjutkan perjalanan ke sungai Muut, tidak lama di tempat ini mereka mencari tempat lain, dan meneruskan perpindahan mereka, yang akhirnya menemukan suatu tempat yang mereka rasa sangat cocok untuk ditempati, yaitu Punti Tapau. Di tempat ini lah mereka membangun pemukiman perkampungan dan akhirnya menetap sampai sekarang. Seluruh perjalanan mereka diperkirakan karena seringnya terjadi pertikaian antara suku-suku dayak pada masa itu, yang menerapkan tradisi kayau mengayau, dan juga kemungkinan lain mereka menghadapi ancaman-ancaman dari pasukan kerajaan Brunai, kerajaan Sarawak serta dari serangan orang-orang Iban.

Saat ini suku Dayak Punti, bermatapencaharian pada pertanian berladang di daerah dekat hutan perkampungan, memanfaatkan hutan sebagai lahan pertanian berladang, serta berburu dan menangkap ikan mereka lakukan di saat kegiatan berladang sedang tidak ada.

sumber:
  • word-dialect.blogspot.com
  • kebudayaan-dayak.org
  • gambar-foto: salakobato.blogspot.com
  • equator-news.com
  • joshuaproject.net
  • wikipedia
  • dan sumber lain

1 comments:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,