Suku Dayak Pawatn

Suku Dayak Pawatn, adalah suatu kelompok masyarakat Dayak yang bermukim di aliran Sungai Pawan, mereka menyebut diri mereka sebagai suku Dayak Pawatn.

Suku Dayak Pawatn, terbagi atas beberapa kelompok suku yang berbeda asal usulnya, yaitu Pawatn yang tinggal di kampung Sepiri berasal dari suku Dayak Bihak, Pawatn di Tumbang Pauh berasal dari kampung Sepiri dan Pawatn yang di Domit berasal dari suku Dayak Tola' di Manjau.

Populasi suku Dayak Pawatn di kampung Sepiri berjumlah sekitar 403 orang, di Domit berjumlah 654 orang sedangkan suku Dayak Pawatn yang berada di Tumbang Pauh berjumlah sekitar 400 orang.

Keunikan dari ketiga kampung ini adalah setiap kampung memiliki ciri perbedaan bahasa masing-masing tetapi sebenarnya masih terdapat beberapa persamaan, sehingga masyarakat ketiga kampung ini biasanya dapat saling mengerti pada saat berkomunikasi satu sama lainnya. Adat istiadat masyarakat dari ketiga kampung ini juga bisa dikatakan sama. Terdapat 3 dialek dalam bahasa Dayak Pawatn, yaitu dialek Sepiri, Tumbang Pauh dan Domit.


sumber:

  • kebudayaan-dayak.org
  • theborneopost.com
  • language.psy.auckland.ac.nz
  • wikipedia
  • dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,