Suku Cho Ro

gadis-gadis Cho Ro
(offroadvietnam)
Suku Cho Ro, mendiami wilayah Dong Nai, Binh Thuan, Binh Phuoc dan provnsi Binh Duong. Populasi suku Cho Ro pada sensus tahun 1999 adalah sebesar 22.567 orang.

Bahasa Cho Ro termasuk ke dalam kelompok rumpun bahasa Mon-Khmer Group, yang memiliki hubungan dekat dengan bahasa Ma dan bahasa Xtieng.

Rumah-rumah suku Cho Ro dibangun dengan bentuk rumah panggung dan juga sejajar dengan tanah. Mereka memiliki kebiasaan patriarkal dan matriarkal dalam kehidupan keluarga Cho Ro. Suku Cho Ro percaya bahwa semua hal memiliki jiwa dan roh. Roh-roh memiliki kontrol atas manusia yang memaksa mereka untuk terlibat dalam ritual penyembahan dan menempatkan tabu khusus pada mereka. Ritual pemujaan yang paling penting adalah membayar penghormatan bagi jiwa hutan dan tanaman padi.

suku Cho Ro
(amitourist.com)
Alat musik pada suku Cho Ro terdiri dari serangkaian tujuh pola gong, instrumen string dengan bamboo sound-box.

Pakaian tradisional suku Cho Ro sepertinya banyak mengadopsi gaya pakaian suku Kinh. Perempuan mengenakan kalung dan gelang yang terbuat dari tembaga, perak atau manik-manik.

Aktivitas ekonomi suku Cho Ro terutama adalah budidaya tebang-dan-bakar lahan pertanian. Di tempat-tempat tertentu mereka menanam padi di lahan terendam yang telah lama dikembangkan. Peternakan, berburu dan mengumpul, memancing, membuat kerajinan keranjang dan seni ukir kayu adalah pekerjaan sampingan lainnya.



sumber:
- offroadvietnam.com
- amitourist.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,