Suku Si La

perempuan Si La
(offroadvietnam)
Suku Si La, suatu etnis minoritas dari suku-suku Bukit di Vietnam, yang berada di provinsi Lai Chau. Pada sensus tahun 1999, jumlah masyarakat suku Si La adalah sebanyak 840 jiwa. 


Bahasa Si La, termasuk dalam rumpun bahasa Tibeto-Burman.


Kelompok etnis (Cu De Xu dan Kha Pe)

Suku Si La tinggal di rumah panggung dan biasanya dibuat bertingkat. Dapur ditempatkan di tengah rumah. Hubungan antar sesama anggota garis keturunan sangat dekat. Kepala garis keturunan biasanya orang tertua yang memainkan peran penting di desa. Dia juga bertindak sebagai pemimpin dalam urusan internal, dan terutama selama ibadah. "Mo" atau dukun dihormati. Upacara pernikahan suku Si La dirayakan dalam dua tahap dengan selang waktu satu tahun. Keluarga pengantin pria harus menyerahkan hadiah pernikahan untuk keluarga pengantin wanita, sebelum dilaksanakan pernikahan.



Anggota garis keturunan yang sama yang telah meninggal akan dikelompokkan bersama di satu lokasi pemakaman. Suku Si La Si membangun rumah pemakaman untuk anggota keluarga yang pertama meninggal. Peti mati terbuat dari batang pohon berlubang. Mereka tidak pernah membersihkan kuburan atau menggali sisa-sisa kuburan anggota keluarga yang telah meninggal, tetapi mereka mempertahankan kebiasaan orang tua mereka berkabung selama tiga tahun. Suku Si La dalam tradisi turun temurunnya menyembah nenek moyang dan roh desa yang tetap djalankan sampai saat ini, walaupun mereka telah memeluk Budhisme dan Kristen.
Pakaian perempuan Si La cukup unik, bagian atas dari baju mereka memiliki banyak warna yang berbeda dan dihiasi dengan perak dan koin timah. Tutup kepala mereka bervariasi sesuai dengan tingkat usiaBila bepergian, mereka selalu membawa tas anyaman dengan hiasan merah melekat pada tas tanganDi masa lalu, pria Si La mewarnai gigi mereka dengan cat berwarna merah dan wanita dengan warna hitam. Tetapi saat ini kebiasaan ini sudah mulai ditinggalkan oleh orang Si La muda.

Pendapatan utama suku Si La adalah budidaya beras dan jagung. Berburu dan mengumpulkan juga merupakan bagian penting dari kehidupan suku Si La.




sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- offroadvietnam.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,