Suku Pu Peo

perempuan Pu Peo
(offroadvietnam)
Suku Pu Peo, adalah salah satu etnis minoritas di Vietnam, yang terkonsentrasi di sepanjang perbatasan Sino-Vietnam di Dong Van, Yen Minh, dan kabupaten Meo Vac provinsi Ha Giang. Populasi 705 orang pada tahun 1999.


Kelompok etnis (Ka BeoPenti, dan Lo Lo)



Rumah biasanya dibangun di atas tanah dalam kelompok kecil berada di sebelah desa Hoa atau H'Mong. Setiap garis keturunan keluarga memiliki sistem sendiri. Masyarakat Pu Peo menganut sistem patriarkal, sebagai ayah memiliki hak untuk memiliki rumah. Suku Pu Peo sangat mementingkan ibadah kepada nenek moyang. Guci tanah kecil masing-masing melambangkan generasi, sering ditempatkan di altar mereka.

Bahasa Pu Peo mirip bahasa Co Lao, La Chi dan La Ha, dan masuk ke dalam rumpun bahasa Kadai.


Suku Pu Peo mengadakan upacara untuk berdoa bagi perdamaian dan awal musim kerja baru, yang diadakan selama Tahun Baru pada paruh pertama bulan pertama, dan terus tanggal lima bulan ke lima. Suku Pu Peo adalah salah satu kelompok etnis yang masih menggunakan drum perunggu. Dalam adat Pu Peo, pria dan wanita memiliki satu set drum.


Pakaian perempuan Pu Peo masih mempertahankan warna cerah pada potongan kain yang berbeda warna yang dijahit untuk membuat desain berwarna-warni.Mereka mengenakan syal, rok, rompi dan celemek. Para pria, berdandan seperti kelompok etnis lainnya di wilayah ini.

Orang Pu Peo bertahan hidup dengan pertanian di lahan yang telah dibakar dengan bidang lahan bertingkat, pada jenis tanaman jagung, beras, gandum, dan kacangMakanan pokok mereka adalah jagung tepung dimasak.




sumber:
- word-dialect.blogspot.com

- offroadvietnam.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

1 comments:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,