Suku Dayak Taman

tarian suku Dayak Taman
Suku Dayak Taman adalah salah satu sub suku Dayak yang mendiami wilayah kabupaten Kapuas Hulu provinsi Kalimantan barat.

Suku Dayak Taman tersebar di :
  • aliran Sungai Kapuas, meliputi anak sungai Kedamin, Paragi, Palo, Saus, Sayu Kecamatan Putusibau Selatan dan Kecamatan Hulu Kapuas.
  • aliran sungai Mandalam, meliputi anak sungai Anak Mandalam, Samus dan Danau Sadong Kecamatan Putussibau Utara.
  • aliran Sungai Sibau, meliputi anak sungai Taman Tapa, Sungai Kapuas, Jolo, Sepandan, Sungai Mapuri, Sungai Potan, Sungai Long Gurung Kecamatan Putussibau Utara.
Suku Dayak Taman memiliki struktur ada istiadat yang kuat, yang disebut turi, tuari atau mentuari yang berarti "manusia yang pola hidupnya telah tertata, terpola dengan suatu tradisi dan budaya".

Suku Dayak Taman, dikelompokkan ke dalam Rumpun Dayak Banuaka, bersama suku Dayak Embaloh dan Dayak Kalis. Bahasa Dayak Taman masih berkerabat dengan bahasa di Sulawesi, terutama dengan bahasa di Sulawesi Selatan seperti Bugis dan Makasar. Menurut para peneiti bahwa suku Dayak Taman kemungkinan berasal dari Sulawesi, atau berasal dari tempat yang sama dengan suku-suku di Sulawesi.

Klasifikasi Bahasa Dayak Taman: Melayu-Polinesia, Sulawesi, Tamanik, Taman


sumber:
- kalimantan-news.com
- wikipedia
- ceritadayak.com
- suaraborneo.com
- dan beberapa sumber lain

2 comments:

  1. boleh saya tw nama-nama sub suku Dayak yg ada di pulau kalimantan didapat dari mana? saya jg sedang meneliti tentang tameng suku dayak dan memerlukan beberapa sumber yg dapat membantu.. terimakasih,

    ReplyDelete
  2. Saya boleh bertanya tentang morpologi bahasa Dayak Taman yang akan saya gunakan untuk skripsi saya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,