Marga Suku Pasemah

Pada Suku Pasemah terdapat juga marga, tetapi fungsi marga agak berbeda dengan "marga" nya suku Batak, suku Ambon dan suku Minahasa.
Sebenarnya beberapa masyarakat suku Pasemah juga sudah menempatkan marga sebagai simbol asal usul daerah dari mana dia berasal. Nama marga tersebut ditempatkan di belakang nama, contohnya Anita Seraway, Yuliati Kedurang, Angelina Masat dan lain-lain.

Marga Suku Pasemah adalah sebagai berikut :

Seraway
Seginim
Kedurang
Masat
Bengkenang
Muanay
Kelaway
Meraje
Besira
Dang
Donga

Mohon kesediaan koreksi dari pengunjung blog ini untuk marga-marga pada suku Pasemah.
Terima kasih.


diolah dari berbagai sumber

2 comments:

  1. saya orang pasemah tapi saya ada di tiga marga ,kelaway,muanay,meraje,,,,,,,,,,,,itu sebutan turun temurun keketurunan ank cucu orang tua kami,,,,,,katanya cerita,,,,,yang sebenar nya saya belum tau persis,,,,,yang jelas jeme besemah,,,,itu saja,,,???

    ReplyDelete
  2. saya orang semende,saudara dari suku pasemah, menurut saya kalau di suku semende, yang namanya:kelaway,muanay,meraje itu bukanlah marga, tetapi kelaway=sebutan saudara laki-laki kepada saudara perempuannya, muanay=sebutan saudara perempuan kepada saudara laki-lakinya, meraje=sebutan untuk saudara laki-laki ibu kita,demikian.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,