Suku Qauqaut, Formosa, Taiwan

Suku Qauqaut, adalah salah satu masyarakat adat asli Taiwan. Pemukiman orang Qauqaut di Taiwan utara-timur terutama berada di Su-ao, Yilan.
  • bahasa: Qauqaut
  • kelompok bahasa: Austronesia

Daerah pemukiman orang Qauqaut berada dalam wilayah adat orang Kebaran (Kavalan), saat ini banyak orang Qauqaut yang berasimilasi dengan budaya Kavalan. Budaya dan bahasa Qauqaut sendiri seperti terkikis oleh tekanan budaya dan bahasa Kavalan. Bahasa Qauqaut yang merupakan bahasa asli orang Qauqaut di masa sekarang ini hampir tidak dipergunakan oleh kebanyakan orang Qauqaut, diperkirakan hanya kalangan orang tua lanjut usia saja yang masih bisa berbicara dalam bahasa Qauqaut. Generasi muda Qauqaut kebanyakan berbicara dalam bahasa Kavalan atau dalam bahasa China Han.

Asal usul orang Qauqaut berdasarkan tradisi lisan dari daerah Atayal, diceritakan bahwa awalnya orang Qauqaut menetap di pertengahan aliran sungai Takiri (Liwuhsi; dalam bahasa Cina). Tapi karena tekanan dari orang Atayal sebagai mayoritas di wilayah itu, yang melakukan perluasan wilayah adat pada pertengahan abad ke-18, mendesak orang Qauqaut sehingga bergerak menuruni Takiri ke pantai timur. Dari tempat itu orang Qauqaut bergerak lagi menuju utara ke Langsu di Nan'ao, dan kemudian pindah ke Nanfang'ao dan terakhir menetap di Su'ao sampai hari ini. (Mabuchi, 1931)


sumber:
artikel lain:

5 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D.dan alhamdulillah saya dapat Rp.500.juta.dan semua ini berkat bantuan angka dari MBAH SANGKIL.karena cuma beliaulah yang memberikan angka ghoibnya,yang di jamin 100% tembus,awal saya bergabung hanya memasang Rp.50.ribu,karna saya gak terlalu percaya,ternyatah benar-benar
    tembus,dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya,buat anda yang butuh angka yang dijamin tembus
    hubungi: MBAH SANGKIL di nomor hp (_0852_1049_3757_) insya allah beliau akan membantu kesusahan anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih........

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,