Suku Stieng, Kamboja

orang Stieng
(joshuaproject)
Suku Stieng, adalah suatu kelompok minoritas masyarakat penduduk asli yang hidup di dataran tinggi Kamboja. Populasi suku Stieng diperkirakan sekitar 7.200 orang.

Orang Stieng selain berada di Kamboja, komunitasnya terdapat juga di Vietnam, dengan sebutan "Xtiêng".  Dalam keseharian mereka berbicara dalam bahasa Stieng, bahasa ini berada dalam kelompok Bahnaric dari keluarga bahasa Mon-Khmer.

orang Stieng (Xtiêng)
di Vietnam

(flickr)
Di Kamboja, komunitas suku Stieng dikelompokkan dalam kelompok Khmer Loeu, yang mengacu pada kelompok non Khmer. Secara politis, Stieng juga telah dikelompokkan sebagai salah satu kelompok etnis di masyarakat Degar. Sedangkan di Vietnam suku Stieng (Xtiêng) bermukim di provinsi Binh Duong dan provinsi Dong Nai di sebelah tenggara Vietnam.

Masyarakat suku Stieng pada dasarnya masih menjalankan agama ethnic tradisional mereka, tapi saat ini sebagian telah banyak yang memeluk agama Kristen. Walaupun begitu beberapa tradisi agama ethnic mereka tetap diamalkan.

referensi:

artikel terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,