Suku Tokira, Sulawesi

Suku Tokira, adalah salah satu suku tertua yang pernah hidup di Sulawesi Tenggara.

Suku Tokira diduga hadir di daratah Sulawesi Tenggara pada masa sekitar 8000-5000 tahun Sebelum Masehi. Suku Tokira ini bersama-sama dengan suku Towuna, Toala dan Towana. Pada awal kedatangan mereka di Sulawesi, hidup secara nomaden dari satu tempat ke tempat yang lain. Suku Tokira, Towuna, Toala dan Towana lah yang menjadi penghuni pertama pulau Sulawesi dan termasuk juga sebagai penghuni di wilayah Sulawesi bagian Tenggara.

Suku Tokira secara ras mendekati ras weddoid atau polynesia. Memiliki kulit agak gelap, rambut ikal dan tinggi tubuh berkisar antara 150-170 cm. Ciri fisik mirip dengan ciri fisik orang-orang di Maluku dan Nusatenggara.

Sekitar 2000 tahun Sebelum Masehi, suku Tokira ini diduga hidup berbaur dengan suku bangsa proto malayan yang kemudian memasuki Sulawesi dan suku bangsa deutro malayan sekitar abad 1-2 Masehi, atau kemungkinan pindah ke pulau lain. Dugaan lain suku Tokira terpecah menjadi kelompok kecil-kecil dan tersebar ke berbagai daerah di Sulawesi.

sumber:
  • lib.uin-malang.ac.id
  • misshelmutmut.blogspot.com
  • dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,