Suku Lindu, Sulawesi

danau Lindu
Suku Lindu (To Lindu), merupakan salah satu suku asli yang mendiami sekitar kawasan Taman Nasional Lore Lindu di provinsi Sulawesi Tengah. Suku Lindu menghuni desa Tomado, Anca dan Langko..Populasi suku Lindu diperkirakan lebih dari 2.500 orang atau 66% dari jumlah total penduduk di wilayah ini.

Suku Lindu dikelompokkan ke dalam kelompok Palu-Toraja, oleh Walter Kaudern dalam bukunya Migration of the Toraja in Central Celebes (1925).

Suku Lindu berbicara dalam bahasa Tado. Mereka adalah penganut agama Kristen. Agama Kristen masuk ke dalam kalangan masyarakat suku Lindu sejak Bala Keselamatan (Salvation Army) masuk ke wilayah ini pada tahun 1913.

gadis remaja suku Lindu
Pada awalnya suku Lindu tinggal di hutan pegunungan sekitar danau Lindu, mendiami daerah Sindi Malei, Tiwolu, Pongku dan Wongko Bola, yang memanjang ke arah Tuwa ketika air danau masih tinggi.

Pada tahun 1897, Nicholas Adriani dan Albert Kruyt (dua orang penginjil tersohor di Poso) berkunjung ke Lindu dan menemukan suku Lindu sudah berdiam di kampung Langko, Tomado, Anca, Paku, Bamba, Palili, Sandipo, Luo, Olu dan Wangkodono. Pada masa pemerintahan Belanda dibangun desa secara permanen dengan menggabungkan penduduk-penduduk di pedalaman pada beberapa desa permanen.

sumber:
sumber lain dan foto:
  • telukpalu.com
  • sosbud.kompasiana.com

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,