Suku Dayak Bakati' Rara

suku Dayak Bakati' Rara
(joshuaproject.net)
Suku Dayak Bakati' Rara, disebut juga sebagai suku Dayak Rara, adalah salah satu suku dayak di Kalimantan Barat, yang mendiami kecamatan Sajingan Besar kabupaten Bengkayang provinsi Kalimantan Barat dan mendiami wilayah Sarawak Malaysia. Populasi suku Dayak Bakati' Rara pada tahun 2007 adalah sebesar 12.000 orang. Penyebaran suku Dayak Bakati berada di Lundu dan pesisir sungai Sambas, Bengkayang daerah timur Gunung Pendering, Pejampi dan 2 desa lainnya di kabupaten Bengkayang.

Suku Dayak Bakati' Rara adalah salah satu dari 12 sub-suku Dayak Bakati.

Suku Dayak Bakati' Rara, berbicara dalam bahasa Bakati, yang masih berkerabat dengan bahasa Bidayuh, tingkat kemiripan sekitar 50 %.

Suku Dayak Bakati' Rara yang berada di Sarawak Malaysia, diperkirakan berasal dari Kalimantan Barat yang bermigrasi beberapa abad yang lalu. Walaupun suku Dayak Bakati' Rara di Sarawak Malaysia terpisah jauh oleh lokasi yang berbeda dengan suku Dayak Bakati' Rara yang berada di Kalimantan Barat, tetapi dapat dilihat dari budaya dan adat istiadat tidak jauh berbeda, dan bahasa yang digunakan juga nyaris sama dengan persentase kemiripan 90 %.

Kehidupan sehari-hari orang Dayak Bakati ' Rara dalam bertahan hidup, adalah dalam pola pertanian berladang, serta melakukan perburuan binatang ke hutan. Selain itu mereka juga menangkap ikan di sungai untuk menambah sumber makanan dan penghasilan.

sumber:
>  kebudayaan-dayak.org
>  joshuaproject.net
>  wikipedia
>  dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,