Suku Ma

ibu-ibu suku Ma
(offroadvietnam)
Suku Ma, adalah salah satu etnis minoritas di Vietnam, yang terkonsentrasi di provinsi Lam Dong. Pada tahun 1999, populasi suku Ma adalah sebesar 33.338 jiwa.

Kelompok etnis Ma adalah (Chau Ma, Ma Xop, Ma To, Ma Krung dan Ma Ngan).

Bahasa Ma masuk ke dalam rumpun bahasa Mon-Khmer.

Suku Ma hidup di "bon" (desa). Setiap bon terdiri dari lima sampai sepuluh rumah panjang (rumah bentuk memanjang). Kepala sebuah bon disebut Quang bon. Keluarga seorang pemuda mengusulkan pernikahan, tetapi setelah pernikahan pengantin laki-laki harus tinggal di rumah istrinya. Hanya ketika dia memiliki pernikahan yang cukup baik dan mapan untuk menyerahkan kepada keluarga pengantin perempuan barulah dia boleh membawa istri ke rumahnya. Suku Ma percaya adanya roh-roh di sungai, pegunungan dan sawah.

Suku Ma, kaya dengan cerita rakyat, termasuk cerita-cerita kuno, mitos dan legenda. Mereka suka memainkan alat musik berupa gong, drum, pan-pipe, dengan bambu-kotak, tanduk, sitar tiga tali bambu tersembunyi dan seruling bambu.

Para perempuan memakai rok setinggi di bawah lutut dan laki-laki memakai cawat. Mereka juga mengajukan gigi mereka, meregangkan telinga mereka dan memakai banyak ornamen.

Suku Ma menanam padi, jagung dan kapas. Perempuan suku Ma sangat terampil dalam pembuatan kain dan sangat terampil dalam pembuatan segala kerajinan.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com

- offroadvietnam.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,