Suku Batak di Filipina

orang Batak Palawan
Batak di Filipina, yang berarti "orang gunung", di Cuyonon Filipina adalah sekelompok masyarakat adat yang berada di bagian timur laut Palawan. Mereka tinggal di interior kasar timur laut Palawan. Hidup dekat dengan alam, mereka adalah orang-orang damai dan pemalu. Mereka percaya pada roh-roh alam, dengan siapa mereka berkomunikasi melalui babaylan atau perantara.

Batak adalah salah satu dari sekitar 70 masyarakat adat di Filipina. Mereka berada di bagian timur laut Palawan, sebuah pulau yang relatif besar di barat daya kepulauan. Hanya ada sekitar 500 orang Batak yang tersisa. Mereka juga disebut Tinitianes. Batak dianggap oleh antropolog erat terkait dengan suku Ayta Luzon Tengah, suku lain Negrito. Mereka cenderung bertubuh kecil, dengan kulit gelap dan pendek keriting atau "keriting" rambut, ciri-ciri yang awalnya mengumpulkan mereka ke dalam para "Negrito". Namun, ada beberapa perdebatan mengenai apakah orang Batak yang berkaitan dengan kelompok Negrito lain dari Filipina atau sebenarnya tidak, kelompok fisik serupa dari Indonesia atau lebih jauh seperti dari kepulauan Andaman. Tidak diketahui apakah suku Batak di Filipina ini ada hubungannya dengan suku Batak di Sumatra, atau hanya kesamaan nama "Batak" saja. Memang kalau dilihat dari segi bahasa terdapat beberapa kemiripan kata dengan bahasa Batak di Sumatra, tetapi juga mirip dengan Dayak Ngaju serta Sunda dan Melayu. Apabila dilihat dari gaya hidup yang nomaden dan ciri-ciri fisik serta kulit, terdapat kemiripan dengan suku Kubu di Sumatra.

perempuan Batak Palawan
Orang-orang Batak selama berabad-abad memiliki gabungan gaya hidup berburu-mengumpulkan dengan pembenihan tanaman pangan yang berguna, kaingin, tebang dan bakar pada metode pertanian, dan perdagangan. Hal ini diyakini bahwa mereka mungkin memiliki hubungan perdagangan dengan pedagang Cina sejak tahun 500 Sesudah Masehi.

Akibatnya, selama pertengahan hingga akhir abad ke-20, orang-orang Batak dengan mudah didorong keluar dari tempat mereka dari tepi laut ke gunung oleh emigran petani, sebagian besar dari Luzon. Tinggal di daerah kurang subur, mereka telah berusaha untuk menambah penghasilan mereka dengan panen dan menjual hasil hutan non-kayu, seperti rotan, resin pohon, dan madu.

rumah Batak Palawan
Orang-orang Batak dahulunya adalah nomaden, tetapi sejak pemerintah menempatkan mereka di desa-desa kecil. Namun, mereka sering pergi melakukan perjalanan ke hutan selama beberapa hari, suatu kegiatan yang memiliki kedua nilai ekonomi dan spiritual bagi mereka. Sistem kepercayaan mereka adalah kebanyakan animisme, kepercayaan kepada roh-roh yang berada di alam. Beberapa, yang disebut "Panyeon", umumnya curiga terhadap manusia tetapi toleran terhadap mereka, selama orang tidak menyalahgunakan atau menyia-nyiakan sumber daya hutan. Roh-roh lain, yang disebut "Diwata" umumnya baik hati. Orang Batak melakukan persembahan reguler ke roh-roh, dan dukun menjalani kepemilikan rohani untuk berkomunikasi dengan roh dan menyembuhkan orang sakit.

Depopulasi yang cepat, akses dibatasi hutan, hidup menetap, dan tekanan dari para imigran telah menghancurkan kelompok budaya orang-orang Batak ini. Sekarang orang-orang Batak sedikit yang menikah dengan sesama orang-orang Batak, tetapi cenderung untuk menikahi dari kelompok tetangga lainnya. Selain itu pola perkawinan ini cenderung tidak mengikuti cara-cara budaya Batak, dan saat ini orang-orang Batak semakin langka dan menyusut populasinya. Sepertinyanya orang-orang Batak sedang diserap ke dalam kelompok masyarakat yang lebih difus masyarakat adat dataran tinggi yang memperlambat kehilangan identitas kesukuan mereka, dan dengan itu spiritualitas mereka yang unik dan budaya; bahkan ada beberapa perdebatan mengenai apakah mereka masih eksis sebagai etnis yang berbeda entitas.

Di Palawan terdapat tiga bahasa yang berbeda, yaitu  bahasa Palawan Batak, Kalamian Tagbanwa, dan bahasa Molbog Banggi.


diolah dari berbagai sumber

baca juga:
- bahasa Batak Palawan

4 comments:

  1. we...we...we...idohape.... :) www.idohape.com

    ReplyDelete
  2. tks sob, izin copy yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob Armhando,
      jangan lupa sumbernya ya sob ..
      mauliate .. horas

      Delete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,