Suku Yakan

anak-anak suku Yakan
Suku Yakan, atau suku Dayak Yakan, adalah suatu masyarakat adat keturunan orang dayak dari pulau Kalimantan, yang telah beratus-ratus tahun bermukim di Filipina, sebagian besar dari mereka tersebar di pedalaman Pulau Basilan.

Perkampungan masyarakat suku Yakan tidak terkumpul pada satu lokasi perkampungan, tetapi kebanyakan tersebar-sebar di dekat lahan-lahan pertanian yang mereka kelola. Suku Yakan, diperkirakan berasal dari tanah dayak, tepatnya berasal dari pulau Kalimantan. Menurut sejarahnya mereka bermigrasi dari Kalimantan dan dari Timur Laut Sama (Johor Lama). Mereka menyebut diri mereka sebagai Sama-Yakan. Walau mereka telah hidup dan bermukim di Filipina sejak beratus-ratus tahun yang lalu mereka tetap mengakui bahwa nenek moyang mereka adalah orang Dayak dari Kalimantan. Bahkan dalam sejarah mereka yang tersimpan dengan rapi, juga menuturkan tentang perjalanan nenek moyang mereka yang menyeberangi lautan hingga sampai ke tanah Filipina ini. Diperkirakan nenek moyang suku Yakan ini berasal dari suku Dayak Bukit dan suku Dayak Bajau.

senyum manis gadis suku Yakan
Bahasa suku Yakan termasuk ke dalam rumpun Sama (Sinama, Siama), yang sudah banyak terpengaruh oleh bahasa Tausug, yang termasuk ke dalam keluarga bahasa Austronesia.

gadis suku Yakan
Suku Yakan saat ini adalah mayoritas pemeluk agama Islam. Hanya sebagian kecil yang memeluk agama di luar agama Islam. Mereka adalah pemeluk Islam yang taat. Shalat 5 waktu adalah keharusan bagi mereka. Bagi mereka jihad adalah suatu jalan menuju perang suci, dan menurut mereka, itu mendapat izin dari Tuhan. Mereka memiliki pasukan-pasukan jihad, yang siap terbunuh ataupun membunuh siapa saja yang  mengganggu ketentraman mereka dalam beragama. Tetapi walaupun begitu, sebenarnya mereka adalah masyarakat yang ramah, dan terbuka terhadap siapapun, termasuk dari golongan agama yang berbeda dengan mereka.

Budaya Yakan, saat ini juga banyak terpengaruh oleh budaya suku yang lebih mayoritas di pulau Basilan yaitu suku Tausug. Sehingga kadang orang sering salah membedakan suku Yakan dengan suku Tausug. Padahal kedua suku ini berbeda.

Kehidupan suku Yakan, meneruskan tradisi nenek moyang mereka pada bidang pertanian perladangan, yaitu budidaya padi gogo, jagung dan tanaman lainnya.

sumber:
  • joshuaproject.com
  • gambar-foto: asiafinest.com
  • gambar-foto: images.mitrasites.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

16 comments:

  1. salam sejahtera saya mencari seorang yang boleh bercakap dialek yakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam tuan. selamat hari raya maaf zahir batin. sila add saya di laman social wechat ChitChat96.. saya faham sedikit dialek yakan ni. semoga saya dapat membantu.

      Delete
    2. Assalamualaikum saingge du kaam lu

      Delete
    3. assalamualaikum sultan ahmad.saya memang keturunan iyakan Dan fasih berbahasa iyakan pun sekiranya sultan perlukan pertolongàn sila watsapp di nombor ini 0122401077 ok ba kalau kau.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Assalamyalaikum... paguah kaam bangsa yakanin

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. kamu dayak yakan yenyen?
      salam kenal ya
      tinggal dimana?

      Delete
  5. Kebanyakkan orang yakan juga boleh untuk berbahasa bajau,suluk dan bahasa lain d filipina

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,