Suku Dayak Rungus

perempuan suku Rungus
(lokalgenius.blogspot.com)
Suku Dayak Rungus, adalah salah satu suku Dayak, yang mendiami kawasan pesisir pantai barat Kudat, pantai timur Kudat, Teluk Marudu, Pitas hingga ke Beluran dan juga kepulauan sekitar Kudat, dengan kepadatan tertinggi di kawasan Kudat, Kota Marudu, Pitas, Paitan, Telupid, Kinabatangan dan Beluran. uku Rungus ini merupakan penduduk terbesar di kawasan utara Sabah.

Nama lain dari suku Dayak Rungus:  Momogun, Dayak Dusun, Dayak Laut, Momogun Rungus, Melobong Rungus, Momogun Laut dan Dusun Laut.

Suku Dayak Rungus, terdiri dari beberapa sub-suku, yaitu:
  • Dayak Rungus Kirangavan, disebut sebagai suku Rungus
  • Dayak Rungus Matunggong, disebut sebagai suku Pilzapazan
  • Dayak Rungus Lzazung (lajpng - sikauti), disebut sebagai suku Nulzuw (Nuluw)
  • Dayak Rungus Rondomon-morimbou, disebut sebagai suku Gandahon
  • Dayak Rungus Marabahai/Lzodung, disebut sebagai suku Gonsomon
  • Dayak Rungus Pitas, biasa disebut sebagai suku Rungus Tupak

suku Dayak Rungus pada masa lalu
(wn.com)
Suku Rungus adalah penduduk asli kepulauan Borneo sejak berabad-abad lamanya. Rungus merupakan nama nenek moyang mereka yang di kenali sebagai Aki Rungsud. Aki Rungsud adalah tokoh suku Rungus yang telah membuka Teluk Bandau sebagai Pusat Perdagangan Sistem Barter pada masa lalu. Secara tradisi suku Dayak Rungus adalah pengamal sistem pemerintahan kesukuan yang dibentuk oleh Kumpulan Bobolizan Rinovusan pada zaman lampau sebelum zaman penjajahan British di semenanjung Kudat dan Kota Marudu dan Pitas.

Suku Dayak Rungus adalah penganut agama Kristen, sebesar 90% dari seluruh masyarakat Dayak Rungus dan sisanya menganut agama Labus (Lzabvus), yang merupakan agama nenek moyang suku Dayak Rungus dan sebagian kecil menganut agama Islam. Suku Dayak Rungus sangat mentaati adat-adat nenek moyang, hukum adat istiadat agama labus serta hubungan kekeluargaan.
Agama Labus pada suku Dayak Rungus bermakna "satu set atau satu himpunan Hukum-Hukum, ajaran dan peraturan moral yang mampu mengelakkan atau mengeluarkan masyarakat mereka dari hukuman Kinoringan yaitu Tuhan dari suku Dayak Rungus". Kinoringan adalah Tuhan Pencipta segala-galanya.
"Vinatang"
rumah panjang suku Dayak Rungus
(tradingreactor.blogspot.com)

Bahasa Dayak Rungus dikenali sebagai bahasa Boros Momogun atau Bahasa Rungus. Kata Momogun dalam bahasa Dayak Rungus, berasal dari kata akar "pogun", yang bila sebagai "momogun" diartikan menjadi  "pemilik akar" atau "pemilik tanah".

Suku Dayak Rungus memiliki kedekatan rumpun dengan suku-suku dayak lainnya, seperti suku-suku dayak di Sarawak dan Dayak Kadazan dan Dayak Dusun di Sabah. Selain itu Suku Dayak Rungus juga masih berkerabat dengan suku Dayak Ot-Danum dari Kalimantan Tengah dan Dayak Dusun di Brunei, dan ditemukan kesamaan bahasa di antara mereka.

Masyarakat suku Dayak Rungus tinggal di rumah panjang yang dikenal sebagai vinatang. Rumah panjang bisa mencapai panjang 300 meter dan dibangun di atas bukit. Daerah yang lebih rendah dari rumah panjang yang digunakan sebagai tempat hewan belakang seperti ayam, babi, kerbau selain sebagai bentuk benteng untuk mencegah serangan oleh pihak luar. Rumah panjang tradisional terhubung satu sama lain dan masing-masing milik keluarga domestik yang berbeda.

Suku Dayak Rungus diyakini telah mengalami perjalanan sejarah panjang sejak 7000 tahun yang lalu, diperkirakan Suku Dayak Rungus pada awalnya bermukim dan berasal dari daerah Mongolia, yang melalui perjalanan panjang melintas ke Formosa Taiwan atau melintas melalui Filipina, hingga sampai ke pulau Kalimantan. Bahkan ada peneliti yang mengatakan bahwa suku Dayak Rungus telah mengalami beberapa fase migrasi sejak dua puluh ribu tahun yang lalu, hanya tidak diketahui kapan suku Dayak Rungus mendarat di pulau Kalimantan, diperkirakan pada masa 1000 tahun SM. Asal muasal negri leluhur suku Dayak Rungus diperkirakan berasal dari Mongolia, karena terdapat beberapa kesamaan dalam budaya dan cara hidup dari suku-suku di Mongolia dan suku Dayak Rungus di Sabah. 


sumber:
- telecentre.my
- momogun.page.tl
rungusmomogun.blogspot.com
- artistichomedesigns.com
- wn.com
- tradingreactor.blogspot.com
- lokalgenius.blogspot.com
- websabah.net
- wikipedia
- dan sumber lain

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. yg pakaian bju kosigoi ja yg sma tp yg pakai torot n lungkaki mn ada la

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,