Suku Brau

suku Brau
(hedo-vietnam.tripod.com)
Suku Brau (Brao), hidup di desa Dak Me, Bo Y Komune, kabupaten Ngoc Hoi Kabupaten dan provinsi Kon Tum. Populasi menurut sensus tahun 1999 jumlah suku Brau adalah sebesar 313 orang.

rumah suku Brau
(vwam.com)
Suku Brau memiliki tradisi tato wajah dan tubuh mereka dan mengajukan gigi mereka. Rumah mereka dibangun dalam bentuk panggung. Pemuda dan pemudi bebas memilih pasangan menikah mereka. Upacara pernikahan diselenggarakan oleh keluarga pengantin perempuan dan pengantin laki-laki harus hidup dengan keluarga istrinya selama beberapa tahun sebelum membawa istri dan anak-anak pulang ke rumahnya.

Bahasa Brau termasuk ke dalam kelompok rumpun bahasa Mon-Khmer.

perempuan suku Brau
(offroadvietnam.com)
Pada seni dan budaya suku Brau bermain gong dan alat musik tradisional. Secara khusus, satu set dari dua gong disebut chieng tha yang memiliki nilai besar dalam budaya mereka. Gadis-gadis muda sering bermain krong put, alat musik yang terdiri dari 5 - 7 tabung bambu, yang dimainkan secara berkelompok.

Pakaian tradisional suku Brau, adalah para perempuan memakai banyak perhiasan di sekitar lengan, pergelangan kaki, dan leher. Laki-laki memakai cawat dan perempuan memakai pagnes.

Suku Brau pada masa dahulu menjalani kehidupan nomaden, tetapi saat ini mereka mempraktekkan budidaya pangkas-dan-bakar untuk menanam padi, jagung dan ubi kayu dengan menggunakan alat sederhana.



sumber:
- offroadvietnam.com
- hedo-vietnam.tripod.com
- vwam.com
- amitourist.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,