Suku Dayak Pitap

suku Dayak Pitap
(exaflopcomputers.com)
Suku Dayak Pitap, adalah salah satu suku dayak yang mendiami kecamatan Awayan kabupaten Balangan. Suku ini di wilayah pemukimannya bertetangga dan berdampingan dengan suku Dayak Halong.
Menurut para peneliti suku Dayak Pitap dikategorikan sebagai bagian atau keturunan dari suku Dayak Bukit dan suku Dayak Meratus.

Suku Dayak Pitap merupakan sebutan bagi kelompok masyarakat yang terikat secara keturunan dan aturan adat, mendiami kawasan disekitar hulu-hulu Sungai Pitap dan anak sungai lainnya. Sungai Pitap tersebut sendiri awalnya bernama Sungai Kitab. Menurut keyakinan mereka, di tanah mereka inilah turunnya kitab agama asli mereka yang pernah menjadi rebutan. Kata kitab pun akhirnya lama-lama berubah menjadi pitap sehingga nama sungai dan masyarakat dayak yang tinggal kawasan tersebut berubah menjadi Pitap.

tradisi adat suku Dayak Pitap
(ardiz.blogspot.com)
Menurut cerita turun temurun yang tersimpan pada masyarakat suku Dayak Pitap, bahwa para leluhur mereka mula-mula tinggal di daerah Tanah Hidup, yang menurut mereka berada di daerah perbatasan antara kabupaten Balangan dengan kabupaten Kotabaru (di puncak pegunungan Meratus). Tanah Hidup menjadi wilayah tanah keramat yang diyakini sebagai daerah asal mula leluhur mereka.


Pemukiman suku Dayak Pitap berada di 3 desa yaitu desa Pitap, desa Langkap, desa Miyanau, desa Iyam, desa Ajung, desa Panikin dan desa Kambiyain, seluruh desa ini berada di kecamatan Awayan kabupaten Balangan.


sumber:
  • efrani.wordpress.com
  • exaflopcomputers.com
  • ardiz.blogspot.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,