Suku Dayak Kerambai

Suku Dayak Kerambai (Kerambay), adalah suku dayak yang berada di kecamatan Entikong, berdiam di kampung Nekan.

Pada masa lalu zaman nenek moyang mereka, pertama menghuni kampung Nekan di kecamatan Entikong. Tetapi beberapa kelompok dari mereka memisahkan diri pindah ke wilayah lain masuk ke wilayah kecamatan Sekayam yang tersebar di beberapa kampung, yaitu di kecamatan Sekayam yang mendiami kampung Entinuh, kampng Engkahan, kampung Segirau, kampung Pesing, kamupng Raut Muara, kampung Entubah, kampung Raut Kayan, kampung Seka, kampung Mabah dan kampung Masa Selangai. Seluruh masyarakat dayak yang berada di seluruh perkampungan di atas, berasal dari satu keturunan dan dikelompokkan ke dalam bagian sub suku Dayak Kerambai, dan mereka saling berkomunikasi memakai bahasa Kerambai.


2 comments:

  1. Menurut beberapa sumber, Dayak Kerambai itu berangkat dari kediaman di Entinuh kemudian ke Nekan dan kemudian menyebar ke kampung-kampung lain - Pesing, Engkahan, Nekan disekitar sungkai Sekayam. Menyebar membentuk perkampungan baru sekitar Sungai Kayan dan Mabah yakni Entubah, Mabah, Raut Muara dan Raut Kayan, Pelaman Keriak, Seka (Entubak) dan Masa Selangai. Bagaimana merekonsiliasi perbedaan sumber tersebut?

    ReplyDelete
  2. Aswrwb. Asal Muasal Dayak Kerambay atau Keramey di Entinuh Kec. Sekayam dan menyebar ke daerah2 sekitarnya. By. Sultan Raut Kayan. Wawrwb.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,