Suku Skalabrak, Lampung

Kepaksian Buay Pernong
dari Paksi Skalabrak
Masyarakat Adat Skalabrak (Sekala Brak, Sekala Beghak), adalah suatu kelompok masyarakat yang menetap di kecamatan Batu Brak kabupaten Lampung Barat provinsi Lampung.

Dahulu kala terdapat sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Skalabrak yang diperkirakan telah ada sekitar abad ke 3 M atau sebelumnya. Posisi Kerajaan Skalabrak ini berada di gunung Pesagi, yang berada di wilayah Lampung Barat sekarang ini. Kerajaan ini dipimpin oleh seorang Ratu dan menganut agama Hindu Bairawa. Setelah sekian abad Kerajaan ini berdiri, maka penuh sesaklah masyarakat di Kerajaan Skalabrak ini dan banyak keturunan dari Kerajaan Skalabrak ini yang bermigrasi dan tersebar ke berbagai wilayah di Lampung dan Sumatra Selatan, secara berkelompok dan bergelombang atau tidak bersamaan. Kepindahan keturunan Skalabrak ini diakibatkan oleh seringnya terjadi perselisihan di antara mereka, juga diperkirakan oleh bencana alam dan selain itu karena keinginan mencari tempat baru untuk mendapat kehidupan yang lebih baik.

Wilayah Skalabrak sendiri menurut para penulis sejarah maupun peneliti, dianggap dan terpusat sebagai kerajaan berada di sekitar kecamatan Batu Brak. Di lereng gunung Pesagi ini lah yang diyakini sebagai pusat Kerajaan Skalabrak, dan wilayahnya termasuk kecamatan Batu Brak, kecamatan Sukau, kecamatan Belalau dan kecamatan Balik Bukit.

Apakah ada masyarakat keturunan Kerajaan Skalabrak yang memakai identitas sebagai suku Skalabrak ? Dari yang diketahui bahwa sebagian besar kelompok masyarakat keturunan dari Skalabrak yang bermigrasi ke tempat baru, telah membangun komunitas adat tersendiri serta membentuk identitas baru sebagai suku tersendiri. Sedangkan masyarakat Skalabrak yang bertahan di kecamatan Batubrak Lampung Barat ini ini juga tidak menggunakan identitas sebagai masyarakat suku Skalabrak.

Masyarakat yang berada di kecamatan Batubrak ini lah yang mengaku sebagai masyarakat Skalabrak, walaupun dalam keseharian mereka sering menyebut diri mereka sebagai orang Lampung. Yang paling tegas menyatakan diri sebagai orang Skalabrak adalah dari Paksi Buay Pernong. Paksi ini adalah salah satu Paksi yang berasal dari Skalabrak yang sampai sekarang tetap menjalankan adat Paksi Pak Sekala Beghak (Skalabrak).

rumah tua tradisional
peninggalan Skalabrak
di Pekon Hujung
Lampung Barat 
Di kecamatan Batubrak ini masih terdapat beberapa rumah tua yang sudah berumur ratusan tahun, dan diperkirakan rumah-rumah tua tradisional ini adalah peninggalan dari keturunan-keturuan Kerajaan Skalabrak.

Jadi bisa dikatakan bahwa masyarakat di kecamatan Batu Brak ini lah yang sampai sekarang masih mengaku sebagai orang Skalabrak, sedangkan keturunan dari Skalabrak yang berada di daerah lain telah berubah identitas sebagai kelompok-kelompok suku tersendiri. Tapi walau bagaimanapun masyarakat suku di Lampung yang pada awalnya berasal dari satu tempat dan telah tersebar ke berbagai wilayah, pada dasarnya adalah tetap satu rumpun, yaitu Rumpun Skalabrak.

sumber:
  • buaypernong.blogspot.com
  • wikipedia
  • foto: skyscrapercity.com
  • foto: endangguntorocanggu.blogspot.com
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,