Suku Yi, China

perempuan suku Yi
Suku Yi, adalah suatu kelompok etnis minoritas yang bermukim di Guizhou di wilayah Cina bagian Selatan.

Suku Yi tersebar dan bermukim di daerah pegunungan. Lebih dari 500.000 orang Yi orang yang tinggal di Guizhou. Kelompok minoritas Yi digunakan untuk memiliki naskah sendiri tertulis yang dibentuk pada abad ke-13. Sejumlah karya yang ditulis pada loh batu yang ditulis dalam naskah kuno Yi, masih tersimpan dengan baik. Kelompok minoritas Yi memiliki kebiasaan yang unik, secara tradisional peralatan memasak terbuat dari kayu atau kulit yang berwarna hitam, merah dan kuning. Cangkir anggur mereka cekung seperti tanduk.

perempuan suku Yi
Suku Yi memiliki berbagai macam pakaian yang unik, tergantung di mana mereka berada. Di Guizhou laki-laki memakai jaket hitam dengan lengan yang ketat dan celana lipit. Perempuan mengenakan jaket dan rok lipit. Jaket dan rok memiliki aksen bordir dan renda. Laki-laki dan perempuan ketika pergi keluar biasanya memakai jubah gelap terbuat dari wol dengan jumbai panjang tergantung dari tepinya.

Acara pernikahan suku Yi juga tergolong unik. Pernikahan diatur oleh orang tua dan keluarga pengantin perempuan yang menerima mas kawin. Pada beberapa upacara pernikahan, ada suatu acara unik, yaitu "penculikan pengantin wanita". Keluarga pengantin pria akan mengirim orang ke rumah pengantin wanita untuk merebut dan membawanya ke rumah suaminya. Gadis itu seharusnya berteriak minta tolong dan anggota keluarganya akan mengejar para penculik. Semua itu dilakukan dengan penuh kegembiraan. Pada malam pernikahan, kedua mempelai akan mendapat ruangan besar untuk menambah kesenangan. Ketika seorang laki-laki menikah, dia biasanya menerima sebagian dari harta orang tua mereka.

Hal lain yang unik dan menarik dari budaya suku Yi, adalah kecintaan mereka terhadap bunga, salah satunya  adalah bunga Azalea, sebagai simbol keindahan dan keberuntungan bagi masyarakat Yi. 

Suku Yi, adalah suatu kelompok minoritas dari sekian banyak suku minoritas di Guizhou. Suku-suku di Guizhou memiliki tradisi yang unik, dan telah mempertahankan tradisi kuno mereka. Pakaian berwarna-warni, festival kuno serta tradisi suku Yi yang indah, adalah satu alasan yang menjelaskan bahwa Guizhou lebih populer sebagai tujuan wisata.


terkait:
  • chinaodysseytours.com
  • joshuaproject.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,