Suku Semai

suku Semai
(interpnet.com)
Suku Semai, tinggal di hutan Semenanjung Malaysia. Mereka tetap mempertahankan identitas budaya mereka. Suku Semai dikelompokkan ke dalam rumpun Senoi, dan mereka adalah salah satu dari 18 etnis Orang Asli di Malaysia.

perkampungan di tengah hutan
(english.cntv.cn)
Perkampungan suku Semai sangat khas, dengan populasi sekitar 400 orang. Mereka hidup dengan sederhana, tinggal di rumah-rumah tradisional terbuat dari kayu dan bambu. Rumah suku Semai ini memiliki tiga jendela dan pintu di empat ruangan. Mereka tinggal di lantai tingkat pertama, sedangkan lantai dasar untuk hewan ternak seperti ayam dan anjing. Dalam keseharian mereka menggunakan tangan untuk makan, sedangkan garpu dan sendok digunakan hanya apabila ada tamu yang berkunjung.

Orang Semai tidak membatasi diri mereka dengan selalu bertahan di pegunungan, tetapi mereka juga sering keluar dari perkampungannya, selain itu mereka juga menyekolah anak-anak mereka, walaupun jarak dari perkampungan ke sekolah bisa mencapai belasan bahkan puluhan kilometer.

tarian suku Semai, "Sewang"
(interpnet.com)
Suku Semai memiliki tarian tradisional yang terkenal, yaitu Tarian "Sewang". Tarian ini bukan untuk menyambut tamu atau perayaan festival, tetapi untuk menyembuhkan penyakit atau menyambut segala hal yang baik.

Suku Semai bertahan hidup dengan memangkas dan membakar lahan pertanian, dan berburu serta mengumpulkan hasil hutan seperti rotan.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- english.cntv.cn
- interpnet.com
- wikipedia
- dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,