Suku Lanoh

suku Lanoh
(demotix.com)
Suku Lanoh, adalah salah satu suku "Orang Asli" ​​di Semenanjung Malaysia. Menurut sensus terakhir mereka berjumlah sekitar 300 orang. Mereka menetap di desa-desa di Hulu Perak Kecamatan Perak Negara.

Bahasa Lanoh adalah termasuk dalam rumpun bahasa Mon-Khmer, tetapi karena bahasa Lanoh berada di tengah-tengah dominasi bahasa Melayu Malaysia, maka secara perlahan bahasa Lanoh mulai terpengaruh dan menyerap beberapa kosakata bahasa Melayu Malaysia.

Suku Lanoh sebagian besar masih mempercayai animisme. Mereka percaya bahwa semua makhluk hidup, tanaman dan hewan memiliki roh dan itu dapat mempengaruhi dunia. Setiap orang harus dihubungkan dengan simbol hewan dan tumbuhan lain. Kepercayaan pada roh-roh membuat mereka takut kepada roh-roh orang mati (terutama nenek moyang mereka) dan dari roh-roh hewan buruan.

perempuan Lanoh
(egagah.blogspot.com)
Suku Lanoh dahulunya hidup secara nomaden dan sebagai pemburu pengumpul. Mereka menggunakan gua sebagai tempat penampungan selama perjalanan berburu. Beberapa gua adalah di negara bagian Perak. Sekitar 100 tahun yang lalu, mereka membuat gambar arang di dinding gua. Sampai hari ini, mayoritas orang Lanoh hidup di hutan, tetapi beberapa orang Lanoh mulai mencoba hidup di daerah perkotaan dan bekerja. Sebagian dari mereka bekerja di perkebunan karet dan kelapa sawit.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- tamannegara.org

- demotix.com
- egagah.blogspot.com
- books.google.co.id
- wikipedia

- dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,