Suku Kintak

Suku Kintak atau Kintaq, adalah salah satu dari 18 Orang Asli di Malaysia, mendiami kawasan pinggir di daerah Gerik, Hulu Perak. Di Malaysia mereka dikelompokkan ke dalam kelompok bangsa Semang, yang memiliki ras negrito, berkulit gelap, rambut keriting dan memiliki badan lebih kekar dari suku Melayu di Malaysia. Suku Kintak juga terdapat di Thailand, dan disebut sebagai suku Kenta.

Orang Kintak pada awalnya adalah hidup secara nomaden, selalu mencari lokasi baru untuk mencari sumber makanan. Sekarang orang Kintak telah menetap di perkampungan bantuan pemerintah Malaysia. Dengan adanya perkampungan suku Kintak ini membuat mereka juga mulai mengubah cara hidup mereka sebelumnya yang nomaden menjadi sejajar dengan masyarakat umum lainnya di Malaysia. Perkampungan Orang Kintak terdiri dari 25 keluarga yang berjumlah 112 orang.

kintak
(oveasianfilm.com)
Sebagian besar masyarakat Kintak masih mempercayai animisme, segala bentuk roh yang ada di hutan dipercayai oleh mereka. Saat ini beberapa dari suku Kintak telah ada yang memeluk agama Kristen dan Islam. Walaupun begitu tradisi animisme masih belum bisa ditinggalkan.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- tamannegara.org
- permataorangasli.blogspot.com
- my.wowcity.com
- wikipedia
- dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,