Suku Kho Mu

suku kho mu
(henritours.com)
Suku Kho Mu, mendiami wilayah Nghe An, Lai Chau, Son La, Thanh Hoa dan provins Yen Bai. Pada sensus tahun 1999 populasi suku Kho Mu sebesar 56.542 orang.

Nama kelompok etnis:  Xa Cau, Mun Xen, Pu Thenh, Tenh, dan Tay Hay

Bahasa Kho Mu, adalah anggota dari rumpun bahasa Mon-Khmer.

Masyarakat Kho Mu sebagian besar masih mempertahankan hidup dengan gaya hidup nomaden. Rumah mereka dibangun dengan bahan seadanya dan sementara dengan furnitur yang sangat sedikit. Dalam aturan adat pernikahan, setelah menikah sang suami harus hidup dengan keluarga istrinya selama satu tahun. Pernikahan antara sesama (marga) satu garis keturunan sangat dilarang keras dalam adat istiadat suku Kho Mu.

tarian suku kho mu
(indochinapioneer.com)
Suku Kho Mu percaya dengan adanya roh. Semua benda di alam seperti langit, suara guntur, tanah, hutan, dan lapangan semuanya dibantu dan diawasi oleh roh. Para menyembah roh desa dan nenek moyang adalah sangat umum. Mereka juga berdoa untuk hasil panen agar produksi tahunan baik.

Pakaian tradisional suku Kho Mu mirip dengan pakaian tradisional suku Thai, sementara pakaian perempuan suku Kho Mu sangat unik penuh dengan berbagai ornamen menarik.

Cara bertahan hidup suku Kho Mu adalah dengan sistem tebang-dan-bakar lahan dan berburu. Kerajinan keranjang juga merupakan keterampilan yang sangat dikembangkan di antara masyarakat suku Kho Mu.



sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- indochinapioneer.com
- henritours.com
- offroadvietnam.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,