Suku Khmer Krom

suku Khmer Krom
(loupiote.com)
Suku Khmer Krom, mendiami wilayah Soc Trang, Tra Vinh, Can Tho, Kien Giang dan provinsi An Giang. Populasi pada sensus tahun 1999 adalah sebesar 1.055.174 orang.

Orang Khmer Krom, menganut Brahmanisme dan Buddhisme Hinayana. Kebiasaan dalam suku Kmer Krom, pemuda-pemudi Khmer sebelum mencapai usia dewasa, sering pergi ke pagoda untuk belajar dan meningkatkan kebajikan dan pengetahuan mereka.

Suku Khmer Krom telah berhasil melestarikan bahasa dan tulisan mereka sendiri.

tarian suku Khmer Krom 
(asiafinest.com)
Suku Khmer Krom hidup berdampingan dengan suku Kinh dan suku Hoa di "soc" (desa), dan "phum" atau "ap" (dusun). Rumah suku Khmer Krom dibangun dengan atap jerami atau genteng. Festival budaya Khmer Krom adalah "Chon Cho Nam Tho May" (Festival Tahun Baru), Ulang Tahun Buddha, "Don Ta" (Memaafkan Kejahatan Orang Mati), dan "Ooc Om Bok" (Bulan Ibadah).

Suku Khmer Krom memiliki tradisi panjang dalam berbudidaya padi basah (sawah), juga peternakan, tenun, kerajinan gerabah dan membuat gula dari pohon "thot not".





sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- vietnamtrip2008.com
- discoveryindochina.com
- loupiote.com
- offroadvietnam.com
- talkvietnam.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,