Suku Kensiu

suku Kensiu
(nikmaa.multiply)
Suku Kensiu (Kensiw), berada di lokasi penempatan kumpulan etnik Kensiu di Kampung Lubok Legong, Kedah Malaysia. Suku Kensiu adalah salah satu etnis dari 18 Orang Asli yang populasinya kedua terkecil. 

Bahasa Kensiu (Kensiw) termasuk ke dalam bahasa Aslian Utara (Jahaic), cabang-sub keluarga rumpun bahasa Mon-Khmer. Bahasa Kensiu ini juga dituturkan oleh komunitas kecil 300 di provinsi Yala di Thailand Selatan. Di Thailand penutur bahasa ini dikenal sebagai orang Mani atau Maniq.

Klasifikasi bahasa:  Austro-Asiatic, Mon-Khmer, Aslian, North Aslian, Western, Kensiu


anak-anak Kensiu
(forumbiodiversity)
Pada awalnya orang Kensiu suka hidup secara nomaden, berpindah tempat untuk mencari sumber makanan. Saat ini mereka mencoba merobah pola hidup asli mereka dengan menanam tanaman getah yang dibantu oleh pihak RISDA sebagai sumber ekonomi tetap mereka. Dengan bermukimnya orang Kensiu di perkampungan membantu mereka untuk mengubah cara hidup mereka untuk kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Perkampungan orang Kensiu terdapat di daerah Baling, negeri Kedah, yaitu Kampong Lubuk Legong dan Perak Malaysia Barat.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- asiaharvest.org
 - tamannegara.org
- ethnologue.org
- nikmaa.multiply.com
- wikipedia
- dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,